Dinsos Konsel Diminta Validasi Data Warga Terdampak Covid-19 – Kendari Pos
Konawe Selatan

Dinsos Konsel Diminta Validasi Data Warga Terdampak Covid-19

Irham Kalenggo

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) untuk memvalidasi data warga terdampak Covid-19 di daerah itu. Hal tersebut dimaksudkan agar pemberian bantuan nantinya, tepat sasaran. Baik bantuan berupa Sembako, maupun BLT yang akan dikucurkan dalam waktu dekat ini. Penegasan tersebut disampaikan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo.

“Dalam fungsi pengawasan, kami meminta agar Dinas Sosial sebagai pelaksana teknis betul-betul memvalidasi data sebelum memberikan bantuan. Ini menjaga jangan sampai ada salah data. Seperti ada yang layak dapat bantuan tapi tak dapat, begitupun sebaliknya,” tegas Irham.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, akurasi data penerima dampak virus corona penting untuk diperhatikan untuk mengantisipasi terjadinya tumpang tindih antara warga saat penyaluran bantuan.

“Jika tidak, hal itu bisa saja menimbulkan masalah baru di tengah masyarakat. Sebab, warga kurang mampu yang didata pemerintah setempat makin bertambah jumlahnya.
Lihat saja data penerima bantuan di setiap desa dan kelurahan pasti berlipat-lipat.

Makanya waktu rapat kerja kemarin, kami mengundang pihak Dinas Sosial. Kita meminta data warga yang dapat PKH, Sembako dan bantuan sosial lainnya. Yang harus diantisipasi, jangan sampai dobel dan ada warga terdampak tapi tak dapat. Jika ini terjadi, pasti timbul riak di tengah masyarakat,” ulangnya, menegaskan.

Irham Kalenggo mengatakan, Pemkab Konsel telah melakukan realokasi anggaran yang ada pada semua OPD untuk penanganan Covid-19. Dari hasil koordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), total hasil saving dan refocusing belanja jasa mencapai Rp 45 miliar.

“Anggaran yang sudah siap sekarang sekitar Rp 14 miliar ditambah dana cadangan, sehingga totalnya berkisar Rp 45 miliar,” sebutnya.

Untuk memastikan warga layak menerima bantuan, ia telah menginstruksikan seluruh anggota DPRD Konsel melakukan pemantauan langsung.

“Semua rekan-rekan anggota dewan untuk berada di daerah pemilihan masing-masing, memastikan warga terdampak Covid-19 masuk dalam daftar penerima bantuan,” tandasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy