Dinsos Buton Salurkan 100 Ton Beras – Kendari Pos
Buton

Dinsos Buton Salurkan 100 Ton Beras

Ilustrasi


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan pada warganya dengan memasuk sebanyak 100 ton beras. Tiap kepala keluarga (KK) menerima 20 kilogram. Dana dari bantuan itu bersumber khusus dari APBD yang baru saja direvisi. Kepala Dinas Sosial Buton, Asnawi, mengatakan, menghadapi pandemi corona, berbagai macam bantuan akan dialirkan ke masyarakat. Ada dari Pemerintah Pusat maupun daerah bahkan pihak swasta jika ada yang berkenan.

“Kalau yang kita sedang salurkan ini bantuan dari daerah melalui APBD. Dari Pemerintah Pusat berupa dana PKH dan Sembako juga ada nanti,” katanya, kemarin. Pemkab Buton sudah bekerja sama dengan Bulog untuk menyiapkan 100 ton beras. Itu akan dibagi habis pada 5.000 KK yang terdampak Covid-19. “Beras ini dari Bulog. Harga satu kilogramnya Rp 10 ribu. Jadi kita siapkan dana Rp 1 miliar,” sebut Asnawi.

Syarat penerima bantuan itu paling penting adalah warga yang belum terdata sebagai penerima PKH dan Sembako dari pemerintah. Untuk diketahui penerima PKH di Kabupaten Buton saat ini sebanyak 4.593 KK. Sementara penerima program Sembako sebanyak 5.692 KK. “Karena aturannya yang namanya bantuan itu tidak boleh ganda. Makanya setiap data yang masuk kita verifikasi. Kalau sudah clear, Pemerintah Desa bisa langsung ambil di Bulog,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Buton, La Bakry sudah menginstruksikan pada seluruh kepala desa untuk melakukan pendataan di lapangan. Sehingga bantuan itu tepat sasaran. Dia juga meminta agar perempuan yang menyandang status sebagai kepala keluarga menjadi prioritas. “Bantuan sementara disalurkan. Saat pendataan lalu, saya sudah ingatkan, jangan double, dan perempuan sebagai KK (janda) harus diberi perhatian khusus, usahakan mereka dapat,” pinta La Bakry.

Ia menilai, momentum penyaluran bantuan saat ini sangat tepat karena memasuki bulan suci Ramadan. Tentu akan sangat membantu bagi penerima dalam memenuhi kebutuhan selama berpuasa. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy