Dinas Koperasi dan UKM Konut Bentuk Koperasi Sehat – Kendari Pos
Konawe Utara

Dinas Koperasi dan UKM Konut Bentuk Koperasi Sehat

Arman Artin

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) terus berupaya menyehatkan koperasi yang ada di wilayah Konawe Utara (Konut). Makanya, pihak instansi teknis terus memberikan edukasi pada ratusan pengurus koperasi yang ada di Konut agar terus berinovasi melalui jenis usaha yang dijalankan.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM, Arman Artin, menyebutkan, jumlah koperasi yang memiliki legalitas sebanyak 287 lembaga. Meski diakui masih ada beberapa koperasi yang dibentuk masyarakat, dalam proses mendapatkan payung hukum melalui akte notaris. “Dari data koperasi berdasarkan entri yang masuk cukup baik. Mereka melaksanakan rapat anggaran tahunan (RAT). Artinya, bila RAT dilakukan setiap tahun, koperasi itu jalan dan manajemen kelembagaan usahanya bagus,” ujarnya, Senin (6/4).

Pengurus Majelis Daerah (MD) KAHMI Konut itu menjelaskan sebuah koperasi dianggap jalan bila RAT setiap tahunnya dilaksanakan pengurus koperasi. Itu membuktikan bila koperasi tersebut sehat dan usahanya berjalan. “Data koperasi yang aktif ada sekitar 140 lebih dan selalu melaksanakan RAT. Tetapi ada juga koperasi tahun lalu tidak melakukan RAT, namun tahun berikutnya melaksanakan. Itu kami anggap masih jalan,” sambung Arman Artin.

Dinas Koperasi dan UKM mengklaim terus melakukan pembinaan kelembagaan koperasi setiap tahun, sebagai bentuk kepedulian pada pengurus. Mulai dari turun berdialog langsung dengan pengurus koperasi, maupun sebaliknya, pengurus koperasi yang mendatangi dinas hanya untuk bertukar pikiran.

“Pelatihan, pembinaan dan penyuluhan dalam menggairahkan dan mendorong koperasi untuk terus bangkit dilakukan setiap tahun. Baik dalam bentuk sosialisasi maupun lainnya,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy