Diduga Lakukan Penambangan Ilegal, Polda Sultra Segel 22 Alat Berat Tak Bertuan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Diduga Lakukan Penambangan Ilegal, Polda Sultra Segel 22 Alat Berat Tak Bertuan

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra kembali melakukan penindakan terhadap kasus dugaan penambangan ilegal di Desa Boenaga, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Kali ini, Polda Sultra menyegel 22 Alat Berat tak bertuan. Kabarnya alat berat tersebut diduga milik dari PT Natural Persada Mandiri (NPM) yang melakukan pengerukan nikel di lokasi izin PT Bumi Santosa Jaya (BSJ).

Alat berat tersebut berupa 19 Ekskavator, dua Dozer D85 dan satu Vibro . Penanganan kasus ini masih dalam tahapan Penyelidikan. Akhirnya polisi mempolice line alat berat dan kemudian menetapkan status Quo pada lahan itu.

Kasubit IV Tipiter, Kompol Bungin M Misalayuk membenarkan kabar tersebut. Dia mengaku penyelidikan ini berawal dari informasi masyarakat bahwa adanya aktivitas di Desa Boenaga. Aktivitas tersebut diduga ilegal karena tak dilengkapi dengan dokumen yang lengkap.

“Ini terlalu dini sebenarnya untuk disimpulkan. Tapi, memang penindakan yang dilakukan sesuai dengan aduan masyarakat,” tutur Kompol Bungin.

Saat disegel alat berat, tidak ada satupun orang yang mengaku punya alat tersebut. Makanya dia belum bisa menyampaikan apakah pemilik ini perorangan atau PT. Namun intinya, pihaknya masih terus berkordinasi dengan pihak terkait untuk meminta dokumen-dokumen lengkap terkait aktivitasnya. Ditanyakan apakah ada beking dari oknum TNI untuk PT NPM ? Bungin menjawab tidak.

“Kita akan berkordinasi dengan pihak terkait. Soal adanya dugaan Beking, tidak ada itu,”tegasnya.

Sementara itu, Manager Operasional PT NPM, Reines Sans Pasali membantah alat berat tersebut milik perusahaannya. Dia mengatakan tak pernah beroperasi di lahan PT BSJ. Reines mengaku kaget ketika mendengar bahwa 22 alat berat yang disegel oleh Polda Sultra diklaim milik Perusahaannya.

“Kita tidak pernah beroperasi di PT BSJ. Dan saya tegaskan, bahwa itu bukan alat PT NPM,”tegas Reiners. (c/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy