Diduga Efek Kongres, Mulfachri Dicopot Dari Kursi Pimpinan Komisi III DPR – Kendari Pos
Politik

Diduga Efek Kongres, Mulfachri Dicopot Dari Kursi Pimpinan Komisi III DPR

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Mulfachri Harahab yang berada di antara Amien Rais dan Hanafi Rais, saat Kongres ke-5 PAN di Kendari beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahab dicopot dari jabatannya selaku Wakil Ketua Komisi III DPR. Dia digantikan oleh Pangeran Khairul Saleh. Pencopotan itu tentunya tidak biasa lepas dari imbas kongres ke-5 PAN di Kendari beberapa waktu lalu. Pergantian itu tertuang dalam surat bernomor 01.027/K-S/FPAN/DPR RI/III/2020 tertanggal 27 Maret yang ditandatangani Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais dan Sekretaris Fraksi PAN Ahmad Yohan.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Fraksi PAN Ahmad Yohan mengatakan, pergantian posisi itu adalah hal yang wajar dalam rangka penyegaran di internal Alat Kelengkapan Dffewan (AKD) di DPR. “Hal biasa dalam rangka penyegaran,” ujar Yohan saat dihubungi, Senin (6/4).
Yohan mengatakan, Mulfachri juga tidak keberatan posisinya diganti oleh Pangeran Khairul Saleh. Sehingga tidak perlu dikaitkan dengan hal yang macam-macam.

“Ketua Fraksi PAN Yandri Susanto sudah berkomunikasi dengan Mulfachri soal penyegaran ini, dan beliau tidak keberatan,” katanya.
Yohan menambahkan, ke depannya juga akan ada lagi pergantian AKD. Sehingga tidak hanya di Komisi III DPR. Pergantian itu adalah hal yang wajar. “Setelah ini juga akan ada penyegaran di komisi dan alat kelengkapan lainnya baik pimpinan maupun anggota,” jelasnya.

Adapun pergantian Mulfachri dengan Pangeran Khairul Saleh itu akan ditetapkan hari ini. Dari surat undangan rapat yang beredar, pimpinan dan anggota Komisi Hukum DPR akan menggelar rapat internal pada pukul 11.00 WIB.

Jauh hari, Pengamat Politik Sultra, Dr Muh Najib Husain sudah memprediksi kalau kubu Amien Rais bakal “dihabisi” satu persatu. Setelah Amien Rais tak masuk kepengurusan DPP PAN, kini Mulfachri juga dicopot posisinya sebagai Ketua Komisi III. “Kondisi ini berpotensi memunculkan perpecahan di tubuh PAN,” ujarnya.

Alumni doktor UGM ini menambahkan, sudah lumrah kalau terjadi keretakan, maka muncul partai baru. Apalagi ada sosok Amien Rais sebagai pemersatu. “Amien Rais masih memiliki loyalis di PAN. Makanya, kalau Zulhas tak hati-hati, bisa saja, PAN terpecah,” imbuhnya. (ags/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy