DID dan DAK Buton Dialihkan Untuk Tangani Korona – Kendari Pos
Buton

DID dan DAK Buton Dialihkan Untuk Tangani Korona


KENDARIPOS.CO.ID — Penyebaran virus corona benar-benar menjadi kejadian luar biasa. Bukan hanya aktivitas perekonomian yang lesu, keuangan daerah pun terpaksa direvisi demi menangkal ancaman virus mematikan itu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton kini sudah melakukan penyesuaian APBD untuk menyiapkan dana talangan kebutuhan sektor kesehatan. Sejumlah pos anggaran direvisi, sehingga beberapa kegiatan yang sudah terprogram harus ditunda. Dari dana insentif daerah (DID) hingga dana alokasi khusus (DAK) harus beralih pos untuk melawan Covid-19.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton, Sunardin Dani, mengatakan, pihaknya baru saja melakukan proyeksi kesiapanan dana daerah. “Kita sudah melakukan perhitungan dana untuk belanja APD dan untuk jaga-jaga sudah ada,” katanya, kemarin. Untuk sementara ada DID sebesar Rp 1,2 miliar yang sudah dialihkan untuk membiayai kebutuhan di Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Buton. Selain itu juga ada persiapan dana tak terduga sebesar Rp 5,5 miliar yang seluruhnya dipakai untuk pencegahan.

Selain DID, proyek pemerintah yang dibiayai dari DAK, juga sebagian dialihkan. Hanya saja berapa nilai pastinya, Sunardin mengaku tak begitu mengingatnya. “Total DAK kita tahun ini Rp 117 miliar. Nah yang untuk kesehatan dan pendidikan itu tidak diubah. Yang dialihkan itu untuk Dinas PU dan Dinas Perumahan. Tapi saya kurang ingat rinciannya,” ulang Sunardin Dani.

Jika dana itu belum cukup, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga sudah disampaikan untuk menyiasati anggarannya dari pos perjalanan dinas. “Kalau perjalanan dinas itu dari masing-masing OPD, untuk menjaga kebutuhan dana kita nanti,” tandasnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy