Di Tengah Pandemi, Abu Hasan Minta OPD Inovatif dan Kreatif Lahirkan Program Kerja – Kendari Pos
Buton Utara

Di Tengah Pandemi, Abu Hasan Minta OPD Inovatif dan Kreatif Lahirkan Program Kerja

Bupati Butur, Abu Hasan (tengah) memimpin rapat musrenbang RKPD, Selasa (21/4)

KENDARIPOS.CO.ID — Sibuk menangani dan menjaga wilayahnya dari paparan pandemi virus korona (Covid-19), tak lantas Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan mengabaikan janjinya membangun daerah. Sembari menangkal potensi pandemi virus korona, Bupati Butur, Abu Hasan terus bergerak melakukan pembangunan. Dia menyadari membangun di tengah pandemi ini, tidaklah mudah. Namun tetap harus menunaikan janji yang pernah dia ikrarkan.

Ketua PDI Perjuangan Sultra itu, tetap akan mengalokasikan anggaran lebih besar untuk infrastruktur, pertanian organik dan pengembangan usaha kecil menengah. Langkah itu untuk menuntaskan janji politiknya dipenghujung pengabdian periode 2015-2021. Sederet kebijakan pembangunan tahun depan (2021) disampaikan mantan Karo Humas Pemrov Sultra itu dalam musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula Setda Butur, Selasa (21/4).

“Dalam pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu aspek penting. Tidak bisa dipungkiri bahwa laju pertumbuhan ekonomi daerah tidak lepas dari pengaruh pembangunanan infrastruktur. Pertumbuhan ekonomi ini pada akhirnya juga akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya,” ujar Abu Hasan, Selasa (21/4) kemarin.

Abu Hasan menjelaskan, secara sederhana dapat dikatakan bahwa pembangunan dan infrastruktur yang baik di suatu daerah akan mampu mendorong peningkatan ekonomi dan ketersediaan infrastruktur dapat mempermudah arus perekonomian agar dapat melakukan ekspansi seluas mungkin, mengurangi biaya produksi hingga dapat menimbulkan efek multiplier.

“Organisasi perangkat daerah (OPD) harus inovatif dan kreatif melahirkan program rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021. OPD tidak boleh copy paste program tahun-tahun sebelumnya. Program yang keluarkan harus berorientasi pada visi mewujudkan Butur daerah yang aman, berbudaya dan relegius,” terang Abu Hasan.

Abu Hasan, mendesain pembangunan tahun 2021 fokus pembenahan infrasturktur, peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan potensi ekonomi industri lokal untuk pertumbuhan berkualitas. Bebang itu dipundak kepala dinas. Tugas kepala organisasi perangkat daerah berat dan dituntut mengukir prestasi dalam pembangunan daerah.

“Jika diberikan kesempatan melanjutkan kepemimpinan pengembangan ekonomi kawasan tetap menjadi skala prioritas ditahun mendatang. Pilot projek pertanian organik, kopra putih, mete dan pengembangan rumput laut Kulisusu. Semua kebijakan pembangunan daerah harus berorientasi kepada mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tambah Abu Hasan.

Ketua KONI Butur itu berharap, pandemi virus korona segera berakhir dan desain pembangunan sesuai draf telah ditetapkan dan bisa mengentaskan angka kemiskinan, pengangguran dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. “Rancangan APBD tahun 2021 mulai disusun. Rencana strategis pembangunan jangka pendek dan panjang,” tandas Abu Hasan.(had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy