DD Konawe dan Buton Belum Cair – Kendari Pos
Metro Kendari

DD Konawe dan Buton Belum Cair

Tasman Taewa

KENDARIPOS.CO.ID — Sampai kini, Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Buton dan Konawe, belum menerima pencairan dana desa (DD) tahap pertama. Dua wilayah tersebut tak bisa menerima suntikan DD karena masih terkendala urusan administrasi yang belum lengkap. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tasman Taewa, membenarkan hal tu. “Saat ini kami masih menunggu perampungan berkas dari masing-masing kabupaten. Kabarnya dalam waktu dekat ini akan beres. Mudah-mudahan segera dituntaskan agar segera ditindaklanjuti, sehingga proses pencairannya tidak dalam waktu lama,” harap Tasman Taewa, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, tercatat 13 kabupaten sudah menerima kucuran DD. Progres pencairannya telah mencapai 16,16 persen. PPK Satker Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Muhammad Sofyan, mengungkapkan, tahapan pencairannya akan terus berlangsung. Perkembangannya saat ini jumlah desa yang sudah menerima DD sebanyak 741 desa dari total penerima 1.911 wilayah. Anggaran yang sudah digelontorkan senilai 267,29 miliar.

“Yang belum mendapatkan suntikan DD berada di lingkup Kabupaten Buton dengan jumlah 83 desa dan Kabupaten Konawe sebanyak 294 desa. Saat ini masih dalam tahap pelengkapan administrasi,” jelasnya. Muhammad Sofyan melanjutkan, sebagian DD dialokasikan untuk kegiatan menangkal penyebaran Covid-19. Setiap desa membentuk Relawan yang bertugas melakukan upaya preventif atau penanganan jika terdapat warga yang teridentifikasi terjangkit Covid-19. Hal ini sebagaimana anjuran pemerintah Pusat melalui surat edaran Menteri Desa PDTT RI nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“Saat ini progresnya sebanyak 1.636 desa yang sudah melakukan penetapan Tim Relawan dan baru 1.477 desa yang di SK-kan. Harapannya pekan depan nanti Tim Relawan yang ditetapkan sudah di SK-kan semua,” tandasnya. (b/m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy