Dana Kelurahan Dialihkan Atasi Covid-19 – Kendari Pos
Metro Kendari

Dana Kelurahan Dialihkan Atasi Covid-19

Dana Kelurahan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kelurahan Lahundape sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang mengalihkan sebagian dana untuk penanganan pencegahan dan penyebaran virus covid-19. “Pak Wali Kota, H. Sulkarnain Kadir sangat responsif menghadapi musibah ini. Beliau tidak ingin warganya terpapar virus corona. Dengan adanya pengalihan dana kelurahan ini, tentu akan membantu memaksimalkan peran kami dalam penanganan Covid-19 di Satuan Tugas RW Mandiri Kelurahan Lahundape,” kata Hery, Lurah Lahundape, kemarin.

Sesuai informasi yang diterimanya, pengalihan dana kelurahan diperuntukkan bagi pembiayaan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis dan sembako gratis bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. “Upaya ini sangat baik guna memaksimalkan penanganan Covid-19 di kelurahan. Sangat membantu masyarakat yang kurang mampu di Kendari khususnya di Kelurahan Lahundape,” ujarnya.

Hery menambahkan, berdasarkan hasil musyawarah ditingkat kelurahan, jumlah penerima bantuan paket sembako di Lahundape sebanyak 802 kepala keluarga yang tersebar di 13 RT se-Kelurahan Lahundape.
Sebelumnya, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan, pengalihan dana kelurahan merupakan salah satu upaya Pemkot dalam upaya memaksimalkan penanganan pencegahan dan penyebaran virus corona. Sebelumnya alokasi dana kelurahan dipergunakan untuk membangun fasilitas publik di kelurahan, namun saat ini dialihkan untuk penanganan pencegahan dan penyebaran virus.

“Jadi dana kelurahan itu tidak dipotong. Namun sebagian penggunaannya dialihkan. Ini juga sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan,” kata Sulkarnain Kadir. Sebagian dana kelurahan yang dialihkan tersebut lanjut Sulkarnain, tidak hanya sepenuhnya dipergunakan untuk pengadaan APD dan alat kesehatan, namun juga akan kembali ke masyarakat khususnya yang terdampak kebijakan social distancing, seperti warga kurang mampu dan berpenghasilan rendah.

“Optimalisasi pembangunan di kelurahan itu penting. Tetapi untuk saat ini keselamatan dan kesehatan masyarakat kita utamakan dulu. Insya Allah jika ini kita lakukan, akan mempercepat penanganan virus ini. Pemerinah pusat dan dewan juga sudah mengizinkan,” kata Sulkarnain.
Untuk dketahui, tahun ini Pemkot Kendari mendapat anggaran kelurahan yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 60 miliar atau 5 persen dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Anggaran tersebut nantinya akan disalurkan pada 65 kelurahan se-Kota Kendari. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy