DAK Fisik Difokuskan untuk Penanganan Covid-19 – Kendari Pos
Metro Kendari

DAK Fisik Difokuskan untuk Penanganan Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Penyebaran wabah corona membuat pemerintah merelokasi anggaran. Sejumlah anggaran fisik kini dialihkan untuk penanganan virus covid 19. Di Sultra, penggunaan dana transfer daerah turut mengalami perubahan terutama di bidang kesehatan. Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di bidang kesehatan tahun ini akan difokuskan untuk penanganan virus corona termasuk Dana Desa (DD)

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Arif Wibawa mengungkapkan berbagai kebijakan pemerintah dikeluarkan untuk menekan penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menambah APBN tahun ini. Di Sultra, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra diwujudkan melalui penyaluran dana transfer daerah dan DD. Tahun ini, DAK fisik kesehatan di Sultra sebesar Rp 2,44 trilliun.

“Tahun ini fokus penyaluran hanya untuk bidang kesehatan dan bidang pendidikan. Bidang lain ditunda penyalurannya. Alokasi untuk bidang kesehatan mencapai Rp 716,42 miliar atau 29,41 persen. Sedangkan bidang pendidikan Rp. 724,79 miliar atau 29,77 persen. Dari total alokasi tersebut, sampai hari ini (kemarin) DAK fisik bidang kesehatan yang dipergunakan untuk penanganan COVID-19 di Sultra belum tersalur,” bebernya kemarin.

Mengingat DAK Fisik bidang kesehatan disalurkan untuk kegiatan pencegahan dan penanganan Covid 19, penyalurannya dilaksanakan dengan beberapa ketentuan. Pertama, penyaluran secara sekaligus dengan nilai penyaluran sebesar total nilai Rencana Kegiatan (RK) untuk kegiatan pencegahan dan/atau penanganan Coronavirus Disease.

Kedua, dokumen persyaratan penyaluran adalah RK yang telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan, dan tercantum dalam sistem informasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi. “Penyaluran sudah sudah dilaksanakan sejak hari Kamis tanggal 26 Maret 2020,” kata Arif.

Untuk DD di Sultra, lanjut Arif, penggunaan juga diarahkan untuk percepatan penanganan wabah COVID-19, hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“Saya harap pemerintah daerah untuk segera mengajukan penyaluran Dana Transfer khususnya DAK Fisik Bidang Kesehatan dan Dana Desa, sehingga dapat segera mendukung penanganan COVID-19 di Sultra,” tuturnya. (b/ags)

Pengalihan Anggaran Penanganan Covid 19

  1. DAK Fisik Kesehatan Rp 2,44 Trilliun
  2. Dana Desa
    -Anggaran DD Tahun 2020
    Total Rp 1,65 Triliun
    Yang Tersalur 9,44 persen atau Rp. 156,14 miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy