Cegah Pandemi Meluas, Hj. Andi Nirwana Sebbu Gelorakan Germas – Kendari Pos
Bombana

Cegah Pandemi Meluas, Hj. Andi Nirwana Sebbu Gelorakan Germas

KENDARIPOS.CO.ID — Hj. Andi Nirwana Sebbu sangat peduli rakyat. Saat pandemi Covid-19 merebak, ia tak mau ada warga Kabupaten Bombana yang terpapar virus corona. Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bombana itu menyambangi berbagai lembaga kesehatan untuk memastikan kesiapan melayani pasien diduga terpapar virus corona.

Istri Bupati Bombana H. Tafdil ini mengajak seluruh pengurus PKK Bombana membantu pemerintah untuk melakukan pecegahan dan penanggulangan penyebaran virus itu. Salah satunya dengan menggelorakan jalannya program Gerakan Masyarakat HidupsSehat (Germas), karena dapat terhindar dari Covid-19.

“Masyarakat juga ikut membantu pemerintah dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan corona secara mandiri seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan diri, lingkungan dan keluarga dengan menjalankan Germas,” beber anggota DPD RI Dapil Sultra ini.

Dengan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari maka akan membantu pemerintah untuk melawan Covid-19. Ia menekankan seluruh PKK Desa atau Kelurahan hingga RT/RW untuk menjalankan program Germas.

Selain itu, ia meminta masyarakat agar terus waspada dengan wabah Covid-19, dengan mendukung program pemerintah social distancing dan stay at home. Karena dengan melakukan hal tersebut akan membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.

“Kalau tidak ada kepentingan yang mendesak tidak usah keluar rumah, karena dengan tinggal di dalam rumah dapat membuat virus tidak berkembang,” pintanya.

Ia mengimbau anggota PKK untuk tidak mempercaya berita hoax ataupun menyebarluaskan berita yang belum diketahui kebenarannya. Karena dengan berita hoax akan dapat menimbulkan kepanikan warga, sebab kepanikan akan lebih parah daripada pandemi Covid-19.

“Hoax ini harus kita perangi bersama, karena hoax dapat membuat masyarakat panik yang berujung kepada kekacauan masyrakat. Olehnya itu jangan percaya informasi yang tidak jelas kebenarannya dan juga penyebarnya tidak jelas,” imbau Andi Nirwana. (kmr/adv)

Pelaku Usaha Diminta Bantu Pemkab Melawan Covid-19

Semua lapisan masyarakat harus berupaya mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Setidaknya, menaati protokol kesehatan agar mencegah pandemi meluas. Anggota DPD RI Hj. Andi Nirwana Sebbu meminta pelaku usaha di Bombana berperan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana mengatasi penyebaran virus corona.

Sebab pelaku usaha, seperti super market menjadi pusat aktivitas masyarakat yang sangat mudah menjadi tempat penyebaran Covid-19. “Seluruh pelaku usaha ritel baik itu Indomaret dan sejenisnya untuk segera membangun atau membuat westafel. Paling tidak, alat ini memudahkan masyarakat mencuci tangan sebelum dan sesudah belanja guna mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid -19 di Bombana,” harapnya.

Selain itu, ia meminta warga untuk menjaga jarak secara fisik, terutama antara kasir dan pembeli ataupun pembeli dengan pembeli lainnya. Ketua TP PKK Bombana juga meminta pihak pelaku usaha untuk selalu melakukan penyemprotan disinfektan di area tertentu, sperti pintu masuk, toilet dan kawasan pertokoan.

“Masyarakat yang datang belanja pasti sangat banyak dan aktifitas masyarakat tidak diketahui sebelum berbelanja. Jadi harus ada langkah antisipasi yang baik. Bila ini konsisten dilakukan seluruh pengusaha maka akan sangat membantu Pemerintah dalam mencegah Covid-19,” tutupnya. (kmr/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy