Cegah Covid-19 : Tafdil Hentikan Sementara Angkutan Umum, Buat Aplikasi Pengawasan – Kendari Pos
Bombana

Cegah Covid-19 : Tafdil Hentikan Sementara Angkutan Umum, Buat Aplikasi Pengawasan

Tafdil

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Bombana, Tafdil bersama tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terus berupaya maksimal mencegah wabah virus corona. Beberapa perubahan kebijakan telah dilakukan. Mulai pemberhentian sementara angkutan umum. Sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bombana Nomor 211 Tahun 2020, dan Surat Edaran (SE) nomor 443.1648 tentang Izin Meninggalkan Wilayah bagi masyarakat Kabupaten Bombana, hingga menyediakan aplikasi khusus penanganan Covid-19.

“Kebijakan itu dikeluarkan untuk melindungi seluruh masyarakat Bombana dari bahaya virus corona. Karena bila kami tidak lakukan hal ini, maka bisa saja yang kita kerjakan selama ini sia-sia saja,” kata Tafdil saat dihubungi, kemarin. Bupati Bombana dua periode itu menambahkan, Pemkab Bombana juga memiliki aplikasi khusus penanganan Covid-19. Lewat aplikasi tersebut, pemantauan secara online dilakukan tim Gugus Tugas Covid-19 Bombana. Hal ini memaksimalkan kerja Pemkab Bombana untuk memutus mata rantai virus corona.

“Jadi, aplikasi ini terkoneksi langsung ke seluruh jajaran Satgas Covid-19 di Bombana. Melalui aplikasi ini, kami dapat memantau keluar masuknya masyarakat di Kabupaten Bombana,” jelasnya. Secara rinci tentang aplikasi tersebut dijelaskan Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Bombana, Heryanto. Dia mengatakan, aplikasi online itu bukan hanya menampilkan monitoring pengawasan, tapi kinerja satgas mulai dari tingkat dusun hingga posko induk kabupaten dapat terakses secara update.

“Manfaat aplikasi ini, pertama tentu untuk saluran atau kanal informasi publik terkait Covid 19 secara cepat dan update. Kedua, untuk mempermudah satgas dalam menjalankan tugas. Mulai satgas tingkat dusun, tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga posko induk. Dan Ketiga, akan mempermudah tim medis dalam melakukan tindakan atau pemantauan kesehatan warga,” jelasnya.

Lebih jauh, Ketua PPNI Sultra ini menjelaskan, aplikasi layanan tersebut dapat diakses melalui website covid19bombanakab.go.id. Di dalamnya dilengkapi beberapa vitur. Salah satunya penyajian data penanganan Covid-19 di Bombana melalui data grafik yang memudahkan masyarakat membacanya. “Semua aktivitas dapat dipantau dalam aplikasi layanan informasi Covid-19. Jadi, jika ada warga masuk atau keluar, atau ada yang memiliki gejala dan sebagainya, laporan itu masuk ke aplikasi. Membuat semua ikut mengetahui. Informasi ini akan mempermudah satgas semua tingkatan untuk siaga. Begitu juga dengan tim medis untuk mengawasi atau ambil tindakan,” kata mantan anggota DPRD Bombana itu,” tutupnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy