Camat-Puskesmas di Mubar Sinergi Cegah Covid-19 – Kendari Pos
Muna Barat

Camat-Puskesmas di Mubar Sinergi Cegah Covid-19


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep) bersama Puskesmas Tikep sinergi mencegah penyebaran wabah virus korona (Covid-19). Mereka melakukan sosialisasi di wilayah ujung barat daya Muna Barat (Mubar). Tepatnya di Desa Katela. Fokusnya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan pencegahan virus mematikan tersebut

Desa Katela menjadi sasaran sosialisasi. Sebab, desa itu berada di pulau kecil yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Konawe Selatan. Dalam sosialisasi itu dikawal beberapa personel TNI-Polri.

Camat Tikep, Al Rahman mengatakan, sosialisasi pencegahan covid-19 rutin dilakukan bersama Puskesmas dan didukung Polri- TNI di setiap desa yang menjadi wilayah kerjanya. Semua ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran korona. Pemahaman dan sinergi dengan masyarakat sangat dibutuhkan diperlukan.

“Kami lakukan penyemprotan disinfektan, penyediaan alat cuci tangan, pengukuran suhu badan dan sosialisasi kepada masyarakat di wiliayah Tikep. Ini sudah yang ke sepuluh, setiap hari kami turun lapangan,” ungkap Al Rahman, Jumat (10/4/2020).

Kepada masyarakat, pihaknya mengimbau agar mengikuti protokol kesehatan. Apalagi saat ini, Sultra sudah masuk kategori wilayah transmisi lokal.

“Untuk masyarakat Mubar khususnya warga Tikep yang ada diluar daerah agar tidak mudik lebaran dulu. Ini demi kebaikan keluarga dan kita semua. Saya juga minta Pemdes juga mengawasi pergerakan warga. Kalau ada yang tiba dari luar daerah segera periksa. Lakukan isolasi mandiri di rumah,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Tikep, Mila Wati menjelaskan untuk pencegahan covid-19, pihaknya sudah bersosialisasi ke masyarakat dengan menerjunkan 34 anggota satgas yang dibentuknya.

“Mereka terbagi dalam tugas masing-masing. Ada yang menyemprot disinfektan, mengukur suhu tubuh, jaga posko, mensosialisasikan himbauan pemerintah, dan memantau OTG dan ODP,” pungkasnya. (yaf/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy