Camat Lohia Berdayakan Penjahit Lokal untuk Produksi Masker – Kendari Pos
Muna

Camat Lohia Berdayakan Penjahit Lokal untuk Produksi Masker

LM. Hajar Sosi

KENDARIPOS.CO.ID — Camat Lohia, LM. Hajar Sosi, menginstruksikan setiap desa di wilayahnya mulai memberdayakan usaha kecil masyarakat dalam kegiatan dana desa ditengah pandemi. Kelangkaan masker di Muna dapat diatasi dengan memberdayakan penjahit lokal untuk memproduksi masker kain. Instruksi itu wajib dilakukan oleh Kepala Desa.

“Desa harus berpikir kreatif bagaimana menyiasati krisis. Saya sudah minta agar alat pelindung diri seperti masker itu bisa diproduksi oleh tukang jahit lokal saja. Apalagi masker kain memang direkomendasikan,” jelasnya, kemarin.

Ia menerangkan, setiap desa untuk saat ini wajib mendukung kampanye penggunaan masker bagi masyarakat. Hal itu sesuai arahan Bupati Muna LM. Rusman Emba dan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Hajar Sosi berharap, selain memberi manfaat kesehatan, produksi masker oleh penjahit lokal juga memberi dampak ekonomi kepada penduduk setempat. “Jadi dana desa bisa berputar di wilayah itu. Soal jumlah produksinya tinggal menyesuaikan saja,” paparnya.

Setiap desa, kata dia, sudah diarahkan melakukan realokasi APBDes untuk mengakomodir biaya penanggulangan pandemi. Nilainya dapat mencapai Rp 100 juta. Sementara alokasinya dimungkinkan untuk ketahanan pangan maupun pengadaan alat pelindung diri.

“Kebijakan ini sudah sesuai edaran Menteri PDTT nomor 8 tahun 2020,” terangnya.

Hajar menambahkan, di otoritanya yang terdiri dari sembilan desa sudah membentuk Satuan Gugus Tugas yang bertanggung jawab di setiap wilayah. Salah satu aksi nyatanya adalah penyemprotan disinfektan secara rutin di area publik seperti pasar maupun di rumah-rumah warga. Bahkan kebijakan lebih jauh juga meliputi penutupan lokasi wisata yang ada di Kecamatan Lohia.

“Meleura, Napabale dan Liangkabori untuk sementara ditutup. Kami sedang berkoordinasi dengan Pemkab untuk menanggulangi dampak ekonomi yang berimbas ke pedagang di tempat wisata,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy