BKKBN Sultra Optimalisasi Pelayanan KB – Kendari Pos
Metro Kendari

BKKBN Sultra Optimalisasi Pelayanan KB

Kepala BKKBN Sultra, Syahruddin (kiri) memberikan bantuan APD tenaga medis secara simbolis kepada Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Prov. Sultra, Maswaty Majid (kanan).

KENDARIPOS.CO.ID — Layanan KB tetap berjalan di masa pandemi covid-19. Namun pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol-protokol pencegahan penyebaran virus corona. Untuk memastikan hal itu, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sultra intens melakukan koordinasi dengan Pemprov maupun pemerintah kabupaten/kota.

Kepala BKKBN Sultra, Syahruddin mengatakan tetap melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat khususnya peserta KB. Dengan mempertimbangkan penggunaan kontrasepsi alternatif, serta mengurangi kontak langsung antara petugas dan masyarakat.

“Agar tidak terjadi penurunan angka putus pakai (DO), saya menekankan kepada jajaran BKKBN Sultra agar pelayanan KB tetap berjalan. Kami memberikan eduksi dengan mempertimbangkan penggunaan kontrasepsi alternatif, misalnya menggunakan kontrasepsi pil atau kondom sesuai prosedur standar. Ini perlu dipertimbangkan untuk mengurangi kontak langsung antara pertugas dan masyarakat,” ujarnya usai melaksanakan pertemuan nasional peningkatan kepesertaan KB Tahun 2020 melalui teleconfren kemarin.

Dalam teleconfren, pemerintah pusat berharap BKKBN di daerah mampu merumuskan suatu bentuk baru dalam upaya peningkatan kesertaan ber-KB dan juga kesehatan reproduksi. Kegiatan-kegiatan yang sifatnya delivered langsung kepada masyarakat bukan yang business as ussual. “Kami dipercayakan setiap perwakilan Provinsi dan OPD KB yang ada di Kabupaten dan Kota, untuk membuat inovasi atau ide segar guna membawa perubahan program,”pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy