Biaya Pengawasan Pilkada Dipakai Tangani Corona – Kendari Pos
Politik

Biaya Pengawasan Pilkada Dipakai Tangani Corona

Hamiruddin Udu

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan Pilkada ditunda. Biaya pengawasan Pilkada akan dialihkan untuk penanganan Covid-19. Karena itu,Bawaslu Sultra meminta pemerintah memberi kepastian untuk mengganti anggaran sesuai kebutuhan pengawasan.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan akan menyerahkan anggaran pengawasan tingkat desa, kelurahan dan kecamatan di tujuh kabupaten yang gelar Pilkada di Sultra kepada pemerintah. Syaratnya, pemerintah memberi kepastian anggaran sesuai kebutuhan pengawasan sebagai pengganti anggaran yang telah digunakan untuk menangani corona.

“Kami juga berharap kepada Presiden, mengingat saat ini bangsa kita dalam kondisi darurat nasional wabah Covid-19. Agar penundaan pelaksanaan Pilkada kali ini ditentukan melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang hanya bisa diterbitkan Presiden,” jelasnya saat ditemui kemarin, Selasa (31/3).

Bila penundaan Pilkada ditetapkan dalam Perppu. Maka, penambahan anggaran pengawasan pilkada yang dialihkan untuk penanganan covid-19 dapat dianggarkan kembali melalui APBN. Bila dianggarkan melalui APBD masing-masing kabupaten, akan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Sejauh ini, belum ada Perppu yang dikeluarkan oleh Presiden. Penundaan tahapan Pilkada baru dilakukan melalui keputusan KPU. “Tapi menurut kami Perppu ini perlu untuk diadakan, mengingat kondisi wabah Covid-19 yang sedang melanda masyarakat Sultra dan menghambat pelaksanaan Pilkada tahun ini,” tutupnya. (m3/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy