BI Sultra Imbau Masyarakat Lakukan Transaksi Non-Tunai – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BI Sultra Imbau Masyarakat Lakukan Transaksi Non-Tunai

Kantor Perwakilan BI Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sultra berkomitmen untuk terus menjamin kelancaran sistem pembayaran dan ketersediaan uang tunai selama masa pandemik virus Korona (Covid-19). Ketersedian uang tunai di mesin ATM dipastikan tidak akan mengalami kekosongan.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah mengungkapkan, saat ini stok uang kartal yang disiapkan BI Sultra senilai Rp 3,5 triliun. Jumlah tersebut diproyeksikan bisa memenuhi kebutuhan transaksi hingga bulan Ramadan.

“Hingga saat ini penarikan dan setoran bank relatif kecil jumlahnya. Jumlah peredaran uang tunai berkurang. Meski demikian, kami tetap mempersiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup. Saat ini di Sultra tersedia hampir Rp 3,5 triliun,” ujar Surya, kemarin.

Dijelaskan bahwa jumlah uang tunai yang disiapkan meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya dan tahun lalu di bulan yang sama. Pada Maret 2019, BI Sultra menyiapkan sekira Rp 3,3 triliun di mana realisasi di lapangan masih di bawah jumlah tersebut. Kendati pergerakan ekonomi melambat dari sebelum adanya Covid-19, BI tetap menyediakan uang kas dalam jumlah besar sebagai langkah antisipatif.

“Itu belum termasuk kas titipan di Baubau dan Kolaka. Harapannya, stok tersebut mencukupi,” imbuhnya.

Ia juga menyebut bahwa uang tunai yang diedarkan kepada masyarakat sudah melalui proses sterilisasi guna meminimalisir penyebaran Korona. Sebelumnya, BI telah melakukan karantina selama 14 hari terhadap setoran uang yang diterima dari perbankan atau Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR). Layanan publik di BI Sultra pun tetap berjalan normal, baik BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), maupun layanan penarikan dan penyetoran uang Rupiah dari perbankan dengan penyesuaian jadwal.

Untuk mengurangi interaksi sosial dan intensitas kerumunan massa, ia mengimbau masyarakat agar memaksimalkan penggunaan layanan transfer atau pembayaran secara non-tunai, seperti transfer dana melalui layanan mobile banking, internet banking, dan e-wallet. Pembayaran tagihan atau belanja dapat dilakukan dengan scan QRIS, internet banking, mobile banking, atau kanal pembayaran non-tunai lainnya.

“Demi keamanan, sebaiknya menggunakan sistem pembayaran non tunai. Pakai QRIS agar minimalisir penggunaan uang kartal,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy