“Bhatata” untuk Keselamatan Diri, Keluarga dan Lipu, Oleh: La Bakry – Kendari Pos
Kolom

“Bhatata” untuk Keselamatan Diri, Keluarga dan Lipu, Oleh: La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Semua yang terjadi di dunia ini kita meyakini datangnya dari Allah SWT. Dia adalah Tuhan yang Maha Kuasa atas segalanya. Sehelai daun pun jatuh, atas Izin-Nya. Demikian pula dengan hadirnya virus korona (Corona Virus Disease-19) yang kini menjadi pandemi global.

Sangat jelas ini merupakan cobaan dan peringatan bagi kita semua manusia. Olehnya itu, hendaknya ini menjadi momentum kita lebih dekat lagi dengan Sang Pencipta. Mohon perlindungan kekuatan dari Sang Maha Hidup.

Di Kbaupaten Buton, kita mengenal bhatata. Bhatata adalah doa keselamatan lipu (bangsa,daerah,wilayah dan seluruh anggota masyakatnya).

Bhatata dengan bahasa sederhana yang kita sampaikan ke Tuhan. Memohon belas kasih, meminta sesuai yang kita inginkan. Bhatatalah untuk keselamatan diri keluarga dan lipu (wilayah) di tengah ancaman Covid-19 ini. Tuhan mengerti semua bahasa makhluknya. Asal di-bhatata-kan setulus hati. Berdoa dalam kekhusyukan dan sesering mungkin diulangi.

Menjaga diri dan keluarga adalah hal terpenting saat ini. Caranya, dengan memahami lingkungan sekitar, memastikan diri dan anggota keluarga selalu menjaga jarak dengan orang asing. Tidak keluar rumah untuk hal-hal yang tidak penting. Dan yang tak kalah penting adalah memahami karakter virus korona. Seperti apa sifatnya, melalui media apa penularannya dan bagaimana cara mematikannya.

Seluruh upaya itu senantiasa ditutup dengan doa, meminta perlindungan Sang Ilahi.

Kabarakatina tanah wolio (Berkat tanah Buton) akan selalu menjadi spirit bersama untuk selalu mendokan agar terhindar dari segala musibah.

Leluhur telah mewariskan supaya kita semua menjaga adab dan budaya demi memperoleh berkah.

Dengan segala kemampuan yang ada Pemerintah Kabupaten Buton akan bekerja keras memberikan pelayanan pada masyarakat. Upaya preventif terus digencarkan segenap aparatur pemerintah. Mulai dari pembentukan gugus tugas hingga revisi APBD demi pembiayaan penanganan dan pencegahan virus korona.

Harapan kita sama, semoga wabah virus korona segera berakhir. Melalui usaha dan doa yang seiring sejalan, semoga bulan suci Ramadan kali ini bisa dilewati seperti tahun-tahun sebelumnya. Rasanya sulit tapi bagi Allah SWT, tidak ada yang mustahil. Sembari menunggu keajaiban itu, kita tetap berikhtiar agar Kabupaten Buton tanpa virus korona selamanya. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy