Besaran Zakat Fitra Ditetapkan : Konut Rp 37 Ribu, Konawe Rp 28 Ribu – Kendari Pos
Konawe

Besaran Zakat Fitra Ditetapkan : Konut Rp 37 Ribu, Konawe Rp 28 Ribu

Ilustrasi Zakat

KENDARIPOS.CO.ID — Besaran zakat fitra pada Ramadan 1441 Hijriyah tahun masehi 2020 ini sudah ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Langkah tersebut lebih cepat dibanding tahun sebelumnnya. Hal ini berkaitan dengan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai pandemi Covid-19 yang dilakukan Pemkab. Bupati Konut, Ruksamin, menjelaskan, besaran zakat fitra pada Ramadan tahun sebesar 3,5 liter perjiwa dengan menyesuaikan makanan pokok masyarakat dan jenis beras yang dikonsumsi.

“Bila beras super maka bila dirupiahkan Rp 37 ribu. Kalau warga konsumsi beras ciliwung bila dirupiahkan Rp 29 ribu. Kalau beras Bulog Rp 26.500 perjiwa. Sedangkan ada warga yang konsumsi sagu, ubi dan jagung, Rp 20 ribu perjiwa,” urai Ketua DPW PBB Sultra itu, kemarin. Pengelolaan zakat fitra juga ditentukan oleh pemerintah daerah. Besarannya, bagi amil zakat sebesar 20 persen, sedangkan penerima zakat fitra sebesar 80 persen.

Ruksamin juga mengimbau agar para Amil wajib membuat laporan besaran, jumlah wajib zakat dan penerima dan disampaikan ke Pemkab Konut ditembuskan pada Kepala Kantor Kementerian Agama Konut, paling lambat 30 hari setelah Idul Fitri.
Sementara itu di Konawe, Pemkab setempat juga telah menetapkan besaran zakat fitra. Setiap jiwa wajib menyetor Rp 28 ribu. Kepastian nominal itu telah disepakati dalam rapat yang digelar pemkab Konawe bersama unsur Forkopimda, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Konawe.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setkab Konawe, Sukri Nur, menjelaskan, dari hasil rapat bersama pihak terkait itu, semua sepakat nominal zakat fitra sebesar Rp 28 ribu. Jika ditakar, sebutnya, nominal itu setara dengan 2,5 liter beras. Saat ini, lanjut Sukri Nur, dasar pelaksanaan penarikan zakat itu kepada masyarakat, tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani oleh Bupati Konawe.

“Karena ada wabah Covid-19, nominal zakat kita samakan. Yang mengonsumsi beras ataupun ubi, zakatnya rata Rp 28 ribu,” ujar Sukri Nur, kemarin. Ia menambahkan, kesulitan saat ini mengidentifikasi warga mana saja yang dikategorikan sebagai penerima maupun pembayar zakat. Sebab, sekarang ini perekonomian semua warga terdampak langsung atas mewabahnya Covid-19. Namun untuk pembayarannya, Sukri Nur menyebut, pemerintah telah menyiapkan beberapa skema, misalnya transfer via rekening Baznas atau bisa juga melalui petugas Amil zakat di masing-masing desa/kelurahan se-Konawe.

“Proses pembayaran zakat juga rencananya akan dimajukan. Selagi mampu, kita wajib untuk membayar zakat fitrah tersebut,” tandasnya. (b/min/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy