Beribadah di Tengah “Perang” Pandemi Korona, Oleh: H. Ali Mazi, SH – Kendari Pos
Opini

Beribadah di Tengah “Perang” Pandemi Korona, Oleh: H. Ali Mazi, SH

H. Ali Mazi, SH

KENDARIPOS.CO.ID — Bulan suci ramadan, bulan penuh amaliah dari beragam ibadah yang ditunaikan seluruh umat muslim, seperti yang diajarkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Ramadan kali ini sungguh berbeda karena kita berpuasa di tengah pandemi virus korona (Covid-19). Segala aktivitas terbatas dengan ketentuan dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Merujuk dari situasi saat ini, saya ingin mengajak masyarakat menengok sejarah. Rasulullah berhasil menorehkan prestasi besar pada bulan Ramadan. Misalnya, meraih kemenangan Perang Badar dan membebaskan Kota Makkah (Fathu Makkah).

Sepeninggal beliau, prestasi umat Islam juga telah ditorehkan dalam sejarah di bulan suci ini. Kemenangan umat Islam menaklukkan Spanyol dapat diraih di bulan Ramadan. Kemenangan menghadapi Perang Salib melawan bangsa Tartar terjadi pada bulan Ramadan. Termasuk proklamasi kemerdekaan RI pun terjadi pada bulan Ramadan.

Untuk itu, sejarah itu harus menjadi spirit bagi umat Islam untuk tetap meningkatkan kualitas ibadah, perilaku positif, meski berada di tengah musibah wabah Covid-19. Masyarakat tetap meningkatkan ibadah dengan menaati imbauan pemerintah, seperti tetap berada di rumah. Sebab, hanya kepatuhan masyarakat, mata rantai penyebaran covid-19 bisa diputus. Insya Allah, kita bisa memenangkan perang ini. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy