Belum Ada Pembatalan, JCH Diminta Persiapkan Diri – Kendari Pos
Metro Kendari

Belum Ada Pembatalan, JCH Diminta Persiapkan Diri

Ilustrasi Haji


KENDARIPOS.CO.ID — Pemberangkatan haji tahun 2020 masih tanda tanya. Hingga kini, Kementerian Agama (Kemenag) masih menunggu informasi dari pemerintah Arab Saudi. Namun demikian, para Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2020 tetap mempersiapkan diri.

Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, H. Sunardin mengatakan belum ada informasi resmi yang dikeluarkan Menteri haji Arab Saudi terkait pembatalan haji seperti isu yang beredar selama ini. Yang ada, hanya informasi dan surat ke Kemenag terkait menunda dulu kontrak pembayaran uang muka, konsumsi, akomodasi dan transportasi.

“Itu yang ada. Tetapi kalau info secara resmi tahun 2020 ini haji itu dibatalkan belum ada. Untuk penyelenggaraan haji, khususnya di Kota Kendari sampai hari ini khusus persiapan jemaah haji sudah 90 persen. Tinggal ada beberapa jamaah yang belum melunasi,” ungkapnya kemarin.

Begitupun dengan pengurusan paspor. Hingga kini, 95 persen paspor JCH sudah selesai. Saat ini, bahkan tengah diproses pengurusan pemisahan sekaligus dengan pengaturan kloternya. “Jadi ada 634 orang jemaah Kota Kendari. Sementara ini kami hentikan pelaksanaan manasik haji mandiri yang dilaksanakan setiap hari minggu. Ini sejak awal Maret kemarin sudah dihentikan,”terangnya.

Pihaknya terus memantau dan mengupdate informasi-informasi terbaru seperti apa nanti putusan yang akan dikeluarkan oleh Arab saudi. “Jadi ada dua kemungkinan terburuk. Dimana kemungkinan terburuk itu dibatalkan, kemudian kemungkinan kedua diberangkatkan tetapi dikurangi kuota 50 persen. Sebagai upaya pengaturan jarak bagi setiap jamaah,”kata H. Sunardin

Bila kemungkinan terburuk dibatalkan, maka jamaah haji tahun ini akan menjadi skala prioritas tahun 2021. Kemudian biaya yang sudah dibayarkan itu tidak ada masalah. “Kalau saya baca dari Kemenag jika memang 50 persen jemaah yang akan diberangkatkan nanti akan diperketat pemeriksaan kesehatanya. Misalnya petugas dari 20 orang hanya 50 persen tentu hanya 10 orang jadi ini akan diurut berdasarkan nomor urut kelulusannya, “terangnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy