APD Masih Minim, Tenaga Medis di Wakatobi Mengeluh – Kendari Pos
Wakatobi

APD Masih Minim, Tenaga Medis di Wakatobi Mengeluh

Bupati Wakatobi, H. Arhawi saat memantau aktivitas di Posko
Penanganan Covid-19. Tim medis yang ada mengeluhkan minimnya APD saat ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Tenaga medis di Kabupaten Wakatobi, khususnya di Kecamatan Binongko, mengeluhkan ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang masih minim. Hal tersebut terungkap saat Bupati Wakatobi, H. Arhawi turun melakukan kunjungan pada sejumlah Posko di otoritanya, termasuk di Tomia dan Kaledupa.

Di Posko Induk Kecamatan Binongko, disebutkan, ada beberapa warga yang berasal dari zona merah namun merahasiakan informasi yang dibutuhkan. Sehingga para tenaga medis merasa kesulitan dan harus bekerja keras dengan mendatangi kediaman masing-masing agar data yang diperoleh akurat. Apalagi, pelaku perjalanan sengaja tidak mengakui telah berasal dari zona merah.

Tak hanya itu, masalah lain yang dikeluhkan oleh garda terdepan dalam mencegah dan menangani Covid-19 ini, meman soal minimnya APD. “Kami hanya mengharapkan agar APD segera direalisasikan. Memang ada yang sudah disalurkan sebelumnya tapi itu kurang lengkap. Kami adalah garda terdepan pencegahan Covid-19. Tentu APD ini sangat penting untuk tenaga medis,” pinta Kepala Puskesmas Kaledupa, Ihsan, kemarin.

Menanggapi keluhan tersebut, Arhawi meminta koordinator seluruh Posko yang tersebar di tiga pulau itu segera mengusulkan ke Posko induk. Baik ketersediaan APD dan kebutuhan lain di akan didistribusikan. “Untuk APD dari pusat memang tidak lengkap, sama dengan di kabupaten. Tapi, dalam waktu dekat ini nanti akan kita lengkapi. Kami juga sudah meminta petunjuk ke Pemerintah Pusat terkait regulasi alokasi anggaran untuk penangangan Covid-19 ini. Kita berharap agar segera direspon. Sehingga saat merealisasikan anggaran ini kita tidak salah-salah,” ujar Ketua Utama Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Wakatobi tersebut.

Tak hanya itu, Wakatobi-1 ini meminta Tim Gugus Tugas di kecamatan membuat perencanaan setiap hari. Sehingga tugas-tugas pencegahan bisa maksimal. Semua kegiatan termasuk permintaan APD itu harus diusulkan ke kabupaten agar kebutuhan setiap Posko bisa dilihat secara langsung. “Sehingga ketika APD tiba di daerah segera kita distribusikan ke kecamatan-kecamatan. Masker dan APD lainnya penting. Tapi, saya tegaskan buat program kerja setiap hari. Semoga kerja keras ini direspon positif oleh masyarakat. Sehingga masyarakat juga mendukung pemerintah dengan cara melaksanakan seruan dan imbauan, mematuhi segala rambu-rambu yang ada,” tandas Arhawi. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy