APBD Butur Direalokasi Hingga Rp 87 Miliar – Kendari Pos
Buton Utara

APBD Butur Direalokasi Hingga Rp 87 Miliar

Abu Hasan


KENDARIPOS.CO.ID — Program pembangunan di Kabupaten Buton Utara (Butur) pada tahun 2020 ini dipastikan tak berjalan normal sebagaimana yang telah direncanakan. Pendemi virus corona menjadi penyebabnya. Puluhan miliar rupiah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dipangkas untuk membiayai penanganan penyebaran virus mematikan tersebut.

Bupati Butur, Abu Hasan, mengaku, pemangkasan anggaran cukup besar menyasar dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi Umum (DAU). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) diberi batas waktu hingga 24 April untuk meralokasi anggaran. Jika tidak, akan diberikan sanksi, gaji aparatur sipil negara tak dibayarkan. “Pemotongan anggaran merujuk pada peraturan Menteri Keuangan nomor 35/PMK.07/2020. DAU dipotong kurang lebih Rp 48 miliar dan DAK dipangkas Rp 39 miliar. Jadi total ada Rp 87 miliar,” sebut Abu Hasan saat ditemui di kantor Setkab Butur, Selasa (21/4).

Mantan Karohumas Pemprov Sultra itu menambahkan, pemotongan anggaran belanja modal akan berimbas pada lesunya roda perekonomian daerah. “Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sementara melihat anggaran yang direlokasi untuk penanganan Covid-19. Mulai dari pengalihan belanja perjalanan dinas, dana makan minum di kantor, belanja Diklat, pengadaan mobil dinas, biaya pelatihan dan lainnya,” sebut Butur-1 itu. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy