Animo ASN Pemkab Kolut Minim dalam SP Online – Kendari Pos
Kolaka Utara

Animo ASN Pemkab Kolut Minim dalam SP Online

Kepala BPS Kolut, Sablin, memperlihatkan data dan grafik perkembangan pendaftar sensus penduduk online yang dilakukan ASN dan masyarakat di wilayah itu.


KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) Kolaka Utara (Kolut) mencatat keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya dalam melakukan pendaftaran sensus penduduk (SP) online, masih minim. Dari 3184 orang aparatur, tercatat baru 1.103 pegawai yang telah mendaftarkan diri. Kepala BPS Kolut, Sablin, mengaku heran dengan kondisi itu. Padahal menurutnya, Bupati Kolut, Nur Rahman Umar telah dua kali mengimbau para ASN, termasuk Sekretaris Kabupaten, agar para pegawai turut serta menyukseskan sensus penduduk khususnya di kalangan pemerintahan.

Diharapkan dengan perpanjangan masa pendaftaran secara online hingga 29 Mei, maka ada penambahan. Diketahui, data sebenarnya jumlah ASN di Kolut disebutkan sebanyak 3.395 orang. Namun yang baru teridentifikasi NIK-nya berdasarkan laporan dari BKPSDM Kolut sebanyak 3.184 tersebut. “Jadi masih ada 211 orang belum teridentifikasi. Yang terbanyak telah melakukan pendaftaran itu di Dinas Capil dan SatPol PP. Sementara itu untuk instansi vertikal hampir tuntas,” ungkap Sablin, Senin (6/4).

Secara umum, telah ada 22.324 masyarakat Kolut yang telah merespon untuk mendaftarkan diri. Total warga Bumi Patowonua itu sendiri berdasarkan data Dinas Catatan Sipil pada tahun 2019 sebanyak 138.686 jiwa. Lasusua merupakan kecamatan tertinggi pendaftarnya saat ini sebanyak 2.000 warga disusul Katoi dan Kodeoha. Sementara yang paling minim seperti Porehu, Tolala termasuk Ngapa. “Ngapa itu banyak penduduknya namun baru sekitar lima persen mendaftar. Hal itu masih dianggap wajar karena sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di gunung yang susah dijangkau jaringan internet,” ucapnya.

Pihaknya berencana melakukan sosialisasi pada September mendatang secara door to door. Apalagi semua jadwal kegiatan juga mengalami pengunduran. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy