Angka Penjualan BBM dan LPG di Sultra Menurun – Kendari Pos
Metro Kendari

Angka Penjualan BBM dan LPG di Sultra Menurun

KENDARIPOS.CO.ID — Angka penjulan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan tabung LPG di Sultra mengalami penurunan drastis. Tidak hanya yang bersubsidi namun juga Penugasan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO) atau non subsidi. Penurunan ini mulai terasa saat wabah virus corona menyebar.

Sales Branch Manager (SBM) VII Sulawesi Selatan Tenggara (Sulseltra) PT Pertamina, Mahdi mengatakan terjadi penurunan omset penjualan BBM dan LPG di Sultra secara umum sekitar 20 hingga 30 persen untuk semua jenis BBM dan LPG. Penurunan itu baik yang subsidi atau pun nonsubsidi. Untuk jenis BBM yang didistribusikan Pertamina di Sultra yakni premium, solar, pertalite, dexlite, pertamina dex dan pertamax dan pertamax turbo. Sementara untuk LPG ada LPG 3 kg, bright gas 5,5 dan gas 12 kg.

“Memang ada penurunan omset karena corona, tapi meski begitu pelayanan tetap terbuka sehingga kebutuhan konsumen tetap terpenuhi. Untuk stok kita aman. Jadi memang kendala hanya dalam permintaan masyarakat saat ini yang mengalami penurunan,” ungkap Mahdi.

Sementara itu, Sekretaris Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IV Sultra, Fahd Atsur menyebutkan salah satu SPBU di Kota Kendari yakni SPBU Martandu mengalami penurunan omset 50 hingga 70 persen akibat wabah Covid-19. Padahal sebelumnya untuk jenis BBM subsidi dalam sehari SPBU tersebut dapat menjual 8 kilo liter (kl) dan selama pandemik corona ini 8 kl habis dalam dua sampai tiga hari.

“Jadi memang sangat menurun omsetnya. Tetapi kita tetap berupaya terus memenuhi ini di wilayah Sultra, sehingga tidak akan terjadi kelangkaan-kelangkaan kedepan,”ucapnya.

Setelah adanya kebijakan pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, Aparat Sipil Negara (ASN) diliburkan, aktivitas sekolah dan kampus juga diliburkan menjadi salah satu penyebab menurunnya omset penjualan BBM.

“Terjun bebas omsetnya teman-teman pengusaha, apalagi ada pembatasan wilayah kemarin sejak 1 April terasa sekali. Tapi kondisi ini kita rasakan sudah 1 minggu terakhir,” ujarnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy