Anggaran Sudah Siap, THR dan Gaji ke-13 ASN Tinggal Menunggu Juknis – Kendari Pos
Nasional

Anggaran Sudah Siap, THR dan Gaji ke-13 ASN Tinggal Menunggu Juknis

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah pada tahun ini sudah menyediakan dana anggaran THR untuk TNI dan Polri serta PNS golongan 1, 2 dan 3. Termasuk gaji ke-13.
Pada sisi lain, Presiden juga telah memutuskan pejabat negara tidak akan mendapatkan jatah THR. Kebijakan dikhususkan bagi Presiden, Wakil Presiden, menteri, anggota DPR, MPR, DPD, kepala daerah, hingga pejabat eselon I dan II.

Di Sultra, ada pemerintah kabupaten (Pemkab) dan kota yang sudah menyediakan anggaran THR dan gaji ke-13 dalam postur APBD 2020. Kepastian penyalurannya nanti, Pemkab dan Pemkot masih menunggu petunjuk teknis dari Menkeu. Namun ada pula pemkab yang belum memastikan memberikan THR dan gaji 13.

Pj Sekprov Sultra La Ode Ahmad P Bolombo mengatakan kebijakan pemerintah pusat tersebut merupakan langkah strategis setelah melihat dari kondisi keuangan negara. “Jadi saya rasa, kebijakan ini sudah melalui pertimbangan yang matang. Tentu dengan segala dampak akibat telah dilakukan koreksi keuangan negara,” tuturnya saat ditemui di kantor gubernur, Jumat (17/4) kemarin.

Pemprov siap menindaklanjuti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. “Tentu itu sudah melalui pertimbangan yang rasional. Kita pasti akan mengikuti apa yang menjadi perintah dari pemerintah pusat. Sejauh ini, kita juga belum mendapatkan data konkrit terkait jumlah pejabat di Sultra yang tidak akan mendapatkan THR tahun ini,” kata Ahmad P Bolombo.

Pada level nasional, anggota DPR dan DPD dipastikan tidak akan mendapatkan alokasi THR. Namun, untuk skala Sultra, Pj.Sekprov Ahmad P Bolombo belum dapat memastikan, apakah anggota DPRD akan terkena kebijakan tersebut atau tidak.

“Saat ini Perpresnya pun tengah di revisi. Jadi turunan dari Perpres itu akan dikeluarkan sebagai pengaturan secara rinci. Apakah DPRD juga dapat atau tidak, kita tunggu saja. Karena prinsipnya pejabat negara tidak akan mendapatkan THR. Namun ada pengecualian bagi pejabat struktural yang bersatatus eselon III ke bawah,” tegasnya.

Anggota Komisi I DPRD Sultra, Masyuri mengungkapkan akan tetap menaati apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat. Terlebih, kebijakan tersebut diperuntukan penanganan covid-19. “Kalau pun DPRD juga tidak akan mendapatkan THR itu pasti sudah melalui perhitungan yang matang oleh pemerintah. Tetap kita akan ikuti apa yang sudah diputuskan pemerintah pusat, suka atau tidak suka,”ujarnya.

Pemkab Bombana menunggu surat edaran atau juknis Menkeu. Anggaran THR dan gaji ke-13 telah disediakan dalam APBD tahun 2020. “Kami menyediakan Rp 30 miliar dana THR dan gaji ke-13 PNS. Sudah kami siapkan jauh sebelum pandemi virus korona atau Covid-19 ini. Dana tersebut siap dibagikan kepada 3000-an PNS,” kata Darwin Ismail, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) Bombana kepada Kendari Pos, Selasa (14/4).

Rinciannya, Rp 15 miliar THR yang akan dibagikan sebelum hari raya Idul Fitri. Lalu, Rp 15 miliar gaji ke-13 disalurkan usai Idul Fitri. “Meski dananya telah siap, kami menunggu surat edaran Menkeu. Jika sudah ada, kami akan realisasikan THR dan gaji ke-13,” ujar Darwin.

Anggaran miliaran rupiah juga disiapkan Pemkot Baubau. Rp 33 miliar untuk THR dan gaji ke-13. Anggaran itu masuk dalam APBD 2020 dan sampai saat ini, nomenklatur pemanfaatannya belum berubah meski pandemi virus korona “menyedot” keuangan negara.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Kota Baubau, Abdul Fatar mengatakan total besaran dana untuk pembayaran gaji 13 dan THR sekira Rp 33 miliar. Saat ini, dana tersebut telah siap dan tinggal menunggu petujuk dari pemerintah pusat. “Masing-masing besaran dananya sama. Gaji 13 sekira Rp 16,5 miliar dan THR sekira Rp 16,5 miliar. Tapi untuk realisasinya, kita tunggu surat edaran dari Kementerian Keuangan,” ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin.

Abdul Fatar menambahkan, jika porsi APBD itu tetap pada peruntukanya maka yang dahulu direalisasikan adalah THR. Lalu dilanjutkan pembayaran gaji 13 yang biasanya dilakukan pada tahun ajaran baru. “Gaji 13 ini diperuntukan bagi ASN untuk membantu biaya pendidikan anak. Biasanya direalisasikan pada Juni atau Juli saat ajaran baru. Dan untuk total ASN Kota Baubau sekira 4.000,” tutup Abdul Fatar.

Kesiapan yang sama diungkapkan Kepala BPKAD Kabupaten Buton, Sunardin Dani. Katanya, jika mengacu pada situasi normal, maka THR PNS akan dibayarkan sebesar satu bulan gaji reguler. Tahun lalu, Pemkab Buton mengalokasikan anggaran di atas Rp.10 miliar untuk THR bagi 2.700 ASN tersebut. “Kalau tahun ini belum ada surat penetapan dari Pemerintah Pusat. Harapannya masih sama,” kata Sunardin Dani, akhir pekan lalu.

Sama halnya di Kabupaten Konawe Utara. Realisasi THR dan gaji 13 masih menunggu surat edaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Kalau pusat minta disiapkan, kita siapkan. Karena di APBD kita sudah siap. Makanya kita tunggu instruksi pusat,”ujar Bupati Konut, Ruksamin.

“THR dan gaji 13 itu kita disiapkan sekira Rp 22 miliar untuk seluruh PNS di Konut. Tetapi kita masih menunggu instruksi dari pusat,” timpal Marthen Minggu, Kepala BPKAD Konut. Jumlah PNS di Konut sekira 2.603 orang.

THR dan gaji 13 untuk 5.616 PNS di Kabupaten Konsel tetap disiapkan. “Tetap ada, tapi kita menunggu petunjuk teknis dari kementerian. Karena alokasi anggarannya masuk dalam Dana Alokasi Umum (DAU),” ungkap Sjarif Sajang, Sekretaris daerah (Sekda) Konsel.

Sementara itu, Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah mengatakan, menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait realisasi THR dan gaji 13.”Saya belum menerima surat resmi dari pusat. Kita tunggu saja siapa tahu ada intruksi,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala BKAD Kolaka, Nur Syamsul mengatakan anggaran THR dan gaji 13 sudah disiapkan. “Kalau besaran saya lupa.Jadi saya tidak bisa sebutkan berapa. Kita masih tunggu instruksi dari pusat. Kalau diperintahkan bayar maka kami akan bayarkan ke PNS. Karena uangnya kan dari pusat,” ujarnya.(yog/kmr/ahi/lyn/min/kam/kus/fad/b)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy