Amil Diminta Serahkan Zakat Secara Langsung – Kendari Pos
Kolaka Utara

Amil Diminta Serahkan Zakat Secara Langsung

Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar (kedua dari kanan menyerahkan zakat yang telah terbungkus amplop pada tiga camat di otoritanya untuk kemudian disalurkan pada warga yang layak mendapatkan.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemberian santunan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) bagi masyarakat fakir miskin di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) untuk gelombang kedua mulai berlangsung. Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar memutuskan untuk merubah mekanisme penyaluran secara langsung, door to door ke penerima langsung. Hal ini diungkapkan Nur Rahman Umar usai menggelar pertemuan dan penyerahan ZIS pada tiga camat di Tiwu, Ngapa dan Watunohu. “Masyarakat penerima tidak boleh dikumpul dan harus diserahkan langsung oleh para Amil (petugas pengumpul dan pendistribusi zakat) di masing-masing desa. Saya serahkan ini dan akan dipertanggungjawabkan dunia akhirat,” kata bupati, Rabu (29/4).

Para camat akan menyerahkan kembali bingkisan zakat itu ke kepala desa dan diteruskan pada para Amil. Camat wajib mengontrol distribusi santunan itu dan memastikan diterima oleh yang benar-benar berhak. “Semua data penerima perlu diverifikasi sebelum santunan diserahkan. Minimal ada KTP atau memang warga setempat meski belum kantongi KTP,” pinta Kolut-1 itu didampingi Wakilnya, H. Abbas.

Ketua Baznas Kolut, H. Muslimin Nur, merinci, penyaluran ZIS April ini untuk 262 penerima di Kecamatan Tiwu, Ngapa 449 dan Watunohu 300 orang dengan total 1.011 orang. Tahap I menyasar 462 orang di 11 desa dan satu kelurahan di Kecamatan Lasusua. Total dana sudah terbagi sebanyak Rp 138,6 juta. “Tahap ke III masih menunggu keputusan bupati. Santunan Rp 300 ribu per orang,” rinci Muslimin. Saldo dari sisa dana penyaluran tahun lalu berjumlah Rp 1,5 miliar. Hingga akhir Desember mendatang diestimasi total keseluruhan yang terkumpul sebesar Rp 3,5 miliar. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy