Ali Mazi Instruksikan Kawal Penyaluran BLT – Kendari Pos
Metro Kendari

Ali Mazi Instruksikan Kawal Penyaluran BLT

KENDARIPOS.CO.ID — Mengatasi dampak penyebaran covid-19, pemerintah akan mengalihkan 25 s.d 35 persen Dana Desa (DD) untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Untuk memastikan bantuan tepat sasaran, Gubernur Sultra, Ali Mazi menginstruksikan jajarannya aktif melakukan pengawasan. Pasalnya, pengunaan DD maupun penyaluran BLT sangat rentan disalahgunakan.

“Kita harus antisipasi dari awal. Jangan sampai ada oknum yang menyelewengkan uang rakyat itu. Mengambil kesempatan dalam kesempitan. Jadi kerja sama dari berbagai stakeholder terutama pihak terkait sangat penting. Guna memastikan penyaluran BLT ini tepat sasaran,” tandasnya.

Bantuan tersebut lanjut dia, merupakan bentuk perhatian serius pemerintah terhadap masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Harapannya dapat membantu meringankan beban finansial masyarakat. “Apalagi saat ini ditengah suasana menjelang Ramadhan. Sudah pasti banyak kebutuhan yang diperlukan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sultra, Tasman Taewa mengatakan pengunaan DD untuk BLT tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Mendes-PDTT nomor 6/2020. Bantuan ini menyasar warga yang tergolong keluarga miskin yang belum tercover dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Klasifikasinya, mereka yang kehilangan mata pencaharian, keluarga yang anggota keluarganya yang rentan sakit menahun atau kronis.

“Pendataannya dilakukan relawan desa lawan Covid-19. Setelah di validasi dan finalisasi, hasilnya dilaporkan ke kepala daerah oleh Kepala Desa melalui perantara Camat. Waktu pelaksanaan hingga penyalurannya dilaksanakan selambat-lambatnya dalam kurun waktu 5 hari kerja. Terhitung sejak Relawan Desa Lawan Covid-19 memulai pendataan,” jelasnya.

Besaran potongan DD tiap desa berbeda atau disesuaikan dengan anggaran yang diterima (lihat grafis). Sementara besaran BLT yang disalurkan, sebesar Rp 600 ribu per KK selama tiga bulan. Penyalurannya dimulai bulan April ini sampai Juni nanti. Bagi desa yang jumlah keluarga miskin lebih besar dari anggaran yang dialokasikan dapat menambah alokasi dengan meminta persetujuan Pemda. (b/m6)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy