Alhamdulillah, Satu Pasien Positif Korona di RS Bahteramas Kian Membaik – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Alhamdulillah, Satu Pasien Positif Korona di RS Bahteramas Kian Membaik

KENDARIPOS.CO.ID — Perjuangan para pahlawan kesehatan di RS Bahteramas tak sia-sia. Kondisi kesehatan 3 pasien positif virus korona (Corona Virus Disease 2019) menunjukkan progres menggembirakan.

Pengarah Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Sultra, Lukman Abunawas (dua dari kiri) didampingi Plt.Kepala Dinkes Sultra, dr.Andi Hasnah (kiri) meninjau kesiapan farmasi dalam penanganan virus korona di RSUD Bahteramas, Kamis (2/4).

Pengarah Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Sultra, Lukman Abunawas menyebut prosedur swab pertama telah dilakoni 3 pasien korona tersebut. 1 dari 3 pasien positif dinyatakan negatif. Berdasarkan laporan yang diterimanya, pasien yang dinyatakan negatif dari korona itu, setelah menjalani prosedur tes swab pertama. Kini, hasil swab kedua sedang dinantikan. Swab kedua itu akan menjadi dasar pencabutan status positif sekaligus dasar pemulangan pasien tersebut.

“1 dari 3 pasien positif itu telah dinyatakan negatif korona. Inisialnya F asal Kota Kendari. Kita masih tunggu hasil swab kedua. Jika hasilnya tetap negatif maka pasien itu sudah bisa pulang,”kata Lukman Abunawas kepada Kendari Pos disela-sela kunjungannya di RS Bahteramas, Kamis (2/4).

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra itu mengatakan pasien berinisial F dan 2 pasien lainnya asal Kabupaten Konawe masih menjalani perawatan di ruang isolasi RS Bahteramas. Mereka juga sudah menjalani prosdur swab. “Tetapi 2 pasien itu dalam keadaan sehat. Sampai saat ini masih terus ditangani secara optimal pelayanan Covid oleh tenaga medis,” jelas mantan Bupati Konawe dua itu.

Sesuai prosedur, para pasien harus menjalani dua kali prosedur swab. “Walapun swab pertama negatif tapi masih dipantau lagi. Kita upayakan sembuh total, baru bisa dipulangkan, supaya tidak ada keluhan lagi,” ungkap Lukman Abunawas.

Sebelumnya, Wagub Sultra Lukman Abunawas melakukan inspeksi mendadak di RS Bahteramas. Dia memeriksa dan memastikan kesiapsiagaan tim medis dalam mencegah penyebaran korona. Didampingi tim dari Dinas Kesehatan Sultra, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, manajemen dan tim medis RS Bahtermas, Lukman Abunawas mengecek langsung setiap ruang perawatan.

Lukman Abunawas juga memimpin langsung tim gugus tugas melakukan penyemprotan disinfektan di semua ruangan RS Bahteramas. Setelah itu Lukman Abunawas mengecek kesediaan alat pelindung diri (APD) dan logistik farmasi. “Setelah saya cek langsung, saya melihat tim medis tetap semangat dan siap siaga setiap saat,” kata Lukman Abunawas.

Dia memastikan ruang orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) diberi tempat berbeda. Mereka tidak digabung dengan pasien lain atau bahkan pasien positif korona.
“Jadi semua terpisah. Ada ruang khususnya. Jika mereka menunjukkan tanda-tanda PDP atau suspect korona dan memiliki keluhan, langsung ditangani tim dokter khusus dan tim medis tersendiri,” jelasnya.

Lukman Abunawas menyebutkan, beberapa instansi telah memberikan bantuan APD dan bantuan perorangan dari anggota DPD RI. “Kita sudah cek beberapa bantuan yang masuk. Ada dari lembaga-lembaga dan instansi pemerintah. Ini salah satu bentuk kepedulian mereka kepada para tenaga medis agar bekerja optimal dalam menangani wabah korona ini,” pungkasnya.

Membaiknyha kondisi 3 pasien korona dibenarkan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, dr.Andi Hasnah. Penanganan intensif terus dilakukan demi mempercepat penyembuhan mereka. Saat ini telah dilakukan swab pertama. Memang benar 1 diantara 3 pasien itu dinyatakan negatif dalam pengecekan awal. Tetapi ia belum dapat dinyatakan benar-benar sembuh hingga swab kedua selesai. Rencananya minggu ini swab kedua dilakukan.

“Saya belum dapat pastikan waktuya. Yang jelas minggu ini akan dilakukan cek kedua. Jika hasilnya negatif, pemerintah pusat akan umumkan secara langsung dan dapat dipulangkan. Kita berharap semua cepat sembuh,” pungkasnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy