Akses Transportasi Tak Ditutup, Hanya Pembatasan – Kendari Pos
Metro Kendari

Akses Transportasi Tak Ditutup, Hanya Pembatasan

TRANSPORTASI

KENDARIPOS.CO.ID — Meski sejumlah Pemda mulai membatasi jalur pintu masuknya, namun akses keluar-masuk wilayah Sultra masih lancar. Sampai kini, akses transportasi, darat, laut dan udara belum masih dibuka. Padahal pergerakan orang yang keluar-masuk Sultra berpotensi menyebarkan virus ini. Pemprov Sultra hanya bisa melakukan pengawasan. Pasalnya, penutupan akses (lock down) merupakan kebijakan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra mengatakan pengelolaan transportasi darat, laut serta udara menjadi domain instansi vertikal. Dari informasi yang diterima, belum ada rencana penutupan akses transportasi. “Kalau ada penutupan akses transportasi, perlu adanya koordinasi pusat. Tetapi sejauh ini memang belum ada penutupan akses,”jelasnya.

Sebagaimana diatur dalam UU, bandara udara, pelabuhan, terminal serta prasarana transportasi merupakan objek vital yang kewenangan terhadap pengawasan dan pengamananya atau penghentian operasional prasarana transportasi harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Jadi kita harus mengikuti aturan yang ada. Untuk transportasi laut, saat ini sudah ada izin untuk melakukan pembatasan pelayaran untuk angkutan orang namun untuk angkutan barang masih normal. Sementara untuk transportasi darat tidak ada pelarangan sama sekali, namun perusahaan transportasilah yang membatasi rute perjalanan akibat kurangnya penumpang,”jelasnya.

Saat ini, pemerintah tengah mengoptimalisasi pengawasan di tiap simpul transportasi. Dimana memperhatikan situasi terkini penyebaran Covid-19 diperlukan peningkatan pengamanan dan pengawasan pergerakan orang dan barang oleh pengelola prasarana transportasi bersama stake holder terkait sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

“Pengawasan perlu terus ditingkatkan agar pelayanan transportasi diwilayah operasional bandara udara, pelabuhan, terminal serta sarana transportasi lainya dapat tetap berjalan. Dimana terus mengoptimalkan pengawasan serta mengacu pada protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga daerah kita bisa tetap aman dari pandemi ini,” pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy