Ada Aroma “Permainan” Dalam Proyek Preservasi Jalan di Kolut – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Ada Aroma “Permainan” Dalam Proyek Preservasi Jalan di Kolut

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.2 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bikin blunder. Keputusannya memberikan “kelonggaran” kepada CV BERKAH AURA RAMADHAN selaku pemenang tender Preservasi Jalan Lapai-Batas Kabupaten Kolaka Utara/Batas Kabupaten Kolaka-Wolo dinilai janggal. Sehingga memunculkan dugaan, ada aroma “permainan” diantara kedua belah pihak. Persoalan ini juga sudah diketahui Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah (BP2JKW) Sultra, namun tak ada reaksi.

PPK 1.2 Provinsi Sultra telah “menodai” komitmennya sendiri. CV BERKAH AURA RAMADHAN yang jelas-jelas tak bisa membuktikan kelayakannya, namun tetap dipertahankan. Ceritanya, pada 2 April 2020 lalu, PPK 1.2 Provinsi Sultra mengundang Direktur CV BERKAH AURA RAMADHAN selaku pemenang tender. PPK ingin memastikan pemenang tender memenuhi ketentuan yang ditetapkan. Berupa, keberlakuan data isian kualifikasi, bukti sertifikat kompetensi personel manajerial, dan kewajiban bagi operator, teknisi, atau analisis yang belum bersertifikat saat pelaksanaan pekerjaan.

Untuk itu, saat rapat, PPK minta CV BERKAH AURA RAMADHAN menyiapkan dan membawa data-data yang diperlukan. Seperti data kualifikasi sesuai isian kualifikasi, sertifikat kompetensi personel manajerial (SKA/SKT) dan menghadirkan personel bersangkutan, serta data-data pendukung lainnya. Kalau tidak bisa membuktikan, maka akan dicoret atau dibatalkan.

“Kegagalan untuk membuktikan keberlakuan data-data kualifikasi dan menghadirkan personel manajerial, berdasarkan SKA/SKT dapat membatalkan penunjukkan penyedia barang/jasa,” kata Rizali Rahmawanto, SH., PPK 1.2 Provinsi Sultra dalam surat bernomor: UM.01.02-Bb21/PJN 1 Sultra/PPK1.2/67, tertanggal 31 Maret 2020. Surat itu ditembuskan ke Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XXI Kendari, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Sultra, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 1 Provinsi Sultra

Dalam surat itu jelas tertulis: Kegagalan untuk membuktikan keberlakuan data-data kualifikasi dan menghadirkan personel manajerial, berdasarkan SKA/SKT dapat membatalkan penunjukkan penyedia barang/jasa. Artinya, saat rapat tanggal 2 April 2020 tersebut, CV BERKAH AURA RAMADHAN tak bisa memenuhi persayaratan yang diminta. Sehingga, semestinya dicoret atau dibatalkan. Namun, faktanya tetap dipertahankan.

Kondisi inilah yang disorot Direktur CV Azizah, Asman L. Dia menyampaikan keberatannya atas perpanjangan waktu yang diberikan kepada penyedia untuk membuktikan personel sesuai dengan undangan yang diberikan kepada penyedia.

“Yang menjadi keberatan kami, bahwa pada undangan tersebut dikatakan wajib hadir, dengan menghadirkan seluruh personel yang terlampir pada dokumen. Yakni, data kualifikasi sesuai isian ketentuan, Sertifikat Kompetensi Personil Manajerial (SKA/SKT) dan menghadirkan personel bersangkutan. Serta data-data pendukung lainnya,” kata Asman dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kendari Pos, Kamis (16/4).

Pada poin terakhir, kata dia, undangan tersebut tertulis bahwa kegagalan membuktikan keberlakuan data-data kualifikasi dan menghadirkan personel manajerial berdasarkan (SKA/SKT), dapat membatalkan penunjukkan penyedia barang jasa. Jika merujuk pada poin tersebut, dengan tidak dapat dipenuhinya penyedia untuk menghadirkan personel dalam rapat 2 April 2020, maka penunjukan kepada penyedia dimaksud harusnya batal.

Namun yang terjadi, PPK 1.2 Provinsi Sultra justru tetap memberikan tambahan waktu.

“Sehingga asumsi kami bahwasannya, kondisi ini jauh dari unsur netralitas. Serta tidak konsisten dengan undangan yang telah dibuat,” tuturnya.

Atas alasan tersebut, ia mengharapkan Paket Preservasi Jalan Lapai-Bts Kabupaten Kolaka Utara/Bts Kabupaten Kolaka-Wolo dibatalkan. Sebab, bertentangan dengan undangan yang dibuat PPK 1.2 Sultra. Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah (BP2JKW) Sultra, Endyo enggan mengomentari persoalan tersebut. “Sepertinya tidak ada masalah. Konfirmasi saja ke satkernya,” ujarnya singkat saat dihubungi, kemarin. (uli/ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy