Abu Hasan: Jangan Remehkan Covid-19, Tetap di Rumah! – Kendari Pos
Buton Utara

Abu Hasan: Jangan Remehkan Covid-19, Tetap di Rumah!

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus positif virus Covid-19 di Kabupaten Buton Utara masih nihil. Tak ingin terlena, langkah siaga satu tetap dilakukan untuk memutus mata rantai virus tersebut. Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan terus menghimbau warga Lipu Tinadekona Sara untuk tidak meremehkan virus corona.

“Masyarakat Butur jangan apatis dengan tidak memperhatikan phyisical distanting dan tetap berkeluyuran keluar rumah untuk nongkrong atas keperluan tidak penting. Jangan nanti ada yang positif baru kalang kabut. Sanksi sosial pasien terpapar corona cukup besar. Jaga keluarga anda. Ayo bersama putuskan mata rantai virus corona dengan tetap di rumah,” imbau Bupati Butur, Abu Hasan.

Kabupaten Buton Utara telah diapit daerah zona merah Kabupaten Muna dan Kota Baubau. Jika lengah sedikit virus ini akan masuk. Setiap pendatang yang masuk di Butur, harus didata dan menjelaskan riwayat perjalanannya. Dilakukan pengecekan suhu tubuh atau kondisi kesehatannya, jika ada gejala harus diisolasi.

“Pendatang yang masuk Butur berasal dari daerah zona merah harus disiolasi selama 14 hari. Langkah tegas harus dilakukan demi kesalamatan warga Butur. Semua perbatasan dengan kabupaten Buton, Penyeberangan Very Labuan dan Pelabuhan Waodeburi dijaga ketat dibangun posko melibatkan TNI dan Polri. Begitu pula tenaga medis menjadi garda terdepan mengecek kesehatan penumpang dan menyemprotkan disinfektan,” tuturnya.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengungkapkan, data pasein dalam pemantauan tidak ada. Kemudian orang dalam pemantauan sebanyak 10 orang. Rinciannya, Puksemas Kulisusu 6 orang, Puskesmas Lambale 3 orang, Puskesmas Kioko 1 orang dan Pukkesmas Wakorumba Utara 1 orang.

“Total kasus orang dalam pemantauan sebanyak 82 orang. Dinyatakan sembuh sebanyak 72 orang. Sisa 10 orang. Ini data pertanggal 27 April 2020. Belum adanya kasus positif jangan terlena tetap waspada tetap patuhi protokol kesehatan,” imbaunya.

Ketua Gugus Penanganan Virus Corona Butur itu menambahkan, edukasi terhadap masyarakat terkait protokol kesehatan untuk mencegah penyebaranan Covid-19 terus dilakukan bertemu langsung bersama masyarakat dan melalui media.

“Virus corona penyebarannya dari manusia ke manusia. Olehnya itu, untuk memutus mata rantainya harus menjaga jarak fisik dengan orang lain. Kalau tidak penting tetap di rumah saja. Jangan bandel virus ini telah menyebabkan kematian ratusan orang di Indonesia,” tegasnya. (had/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy