977 Karyawan di Sultra Dirumahkan, Satu di-PHK : Diprediksi Bakal Bertambah – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

977 Karyawan di Sultra Dirumahkan, Satu di-PHK : Diprediksi Bakal Bertambah

KENDARIPOS.CO.ID — Penyebaran virus corona mulai berimbas di berbagai sektor. Di Sultra, hampir seribu pekerja harus kehilangan mata pencaharian. Perusahaan terpaksa merumahkan karyawannya untuk mengurangi beban pembiayaan. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), sebanyak 35 perusahaan telah melaporkan telah merumahkan karyawannya. Jumlah pekerja yang dirumahkan kemungkinan masih bertambah.

Kepala Bidang Pembinaan Industri dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dinsnaktertrans Sultra, Muhammad Amir Taslim mengatakan pasca mewabahnya virus corona sejumlah perusahaan merumahkan pekerjanya. Dari data yang masuk, sebanyak 977 dirumahkan dan satu yang mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Rata-rata yang terkena dampak Covid-19 ini, merupakan pekerja di bidang industri perhotelan dan rumah makan. Terbanyak itu dari Kendari, ada 23 perusahaan, kemudian Wakatobi 11 perusahaan, Kolaka 1 perusahaan dan Konawe Utara 1 perusahaan,” beber Muhammad Amir Taslim saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/4).

Sampai saat ini, pihaknya terus memperbaharui data jumlah pekerja di Sultra yang di rumahkan akibat Covid-19. Sejauh ini, perusahaan yang telah melaporkan adanya pekerja yang di rumahnya baru 35 perusahaan. Tetapi pihaknya terus memantau kalau-kalau ada penambahan lagi. Meski begitu, ia berharap, para pekerja yang di rumahkan dapat kembali bekerja setelah pandemi Covid-19 berakhir. Mengingat, para pekerja ini hanya di rumahkan, dan bukan PHK.

“Jadi otomatis mereka dalam status masih pekerja. Cuma karena dampak Covid-19 ini mereka dirumahkan. Jadi mereka ini masih pekerja, tapi mekanisme di rumahkan ini yang harus di atur, oleh perusahaan dan pekerjanya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Sultra, Saemu Alwi mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya terus berupaya mendata jumlah pekerja yang di rumahkan akibat Covid-19 ini. Ia berharap, tidak ada pekerja yang di PHK selama masa pandemi Covid-19.

“Karena kalau PHK, bukan hanya berdampak pada pekerjanya. Tapi terhadap keluarga pekerja juga. Karena itu, kita berharap jangan sampai ada PHK,” ucapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy