826 Rapid Test di Distribusi ke Daerah – Kendari Pos
Metro Kendari

826 Rapid Test di Distribusi ke Daerah

dr La Ode Rabiul Awal (kanan)

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 826 alat tes cepat massal (Rapid Test) virus corona atau Covid-19 didistribusikan ke seluruh kabupaten/ kota di Sulawesi Tenggara (Sultra). Pendistribusian itu dilakukan langsung tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sultra. Juru Bicara Satgas Covid-19 Sultra, dr. La Ode Rabiul Awal mengungkapkan, sebagian rapid test tersebut sudah mulai didistribusikan ke daerah-daerah. “Jadi, sampai kemarin sore, kita sudah kirim hampir 826 rapid test. Bahkan ada beberapa kabupaten/kota yang sudah menggunakan,” kata dr La Ode Rabiul Awal, kemarin (31/3).

Ia menjelaskan, daerah yang telah menggunakan rapid test tersebut, seperti Kota Kendari dan daerah terdekat lainnya. Namun begitu, pihaknya belum mendapatkan laporan terkait hasil rapid test itu. “Hanya memang laporan tertulisnya belum masuk. Mungkin sudah direkab oleh gugus tugas kabupaten/ kota. Tapi belum sempat dikirim,” jelasnya.

Lagipula, kata Wayong, sapaan akrab dr. Rabiul Awal, penggunaan rapid test ini bukan sebagai penentu seseorang dinyatakan positif corona atau tidak. Sebab, rapid test hanya mampu mengetahui seseorang terjangkit virus. Bukan pada satu jenis virus saja. “Jadi rapid tes sebagai tes awal. Jika dinyatakan positif akan langsung dilakukan swab tenggorokan untuk memastikan apakah positif karena Covid-19 atau virus lain. Selain itu yang negatif dari pemeriksaan rapid test juga belum dapat dikatakan negatif corona. Sebab terkadang, seseorang dengan imun kuat belum dapat terdeteksi dia terjangkit virus atau tidak, jika virusnya baru menyerang 4 sampai 5 hari. Intinya akan tetap ada pemeriksaan lanjutan,”jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 2.400 alat tes cepat massal atau rapid test virus corona atau Covid-19 tiba di Kendari, Kamis (26/3). Alat ini bakal digunakan untuk melihat seseorang terpapar atau tidak dengan Covid-19. Alat uji itu akan menyasar tenaga kesehatan (nakes) baik perawat maupun dokter di Sultra. Terutama tenaga medis yang berkontak langsung dengan pasien positif mengidap Covid-19, dan pasien dalam pengawasan. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy