512 Karyawan di Kendari Dirumahkan, Ada Perusahaan yang Masih Memberi Gaji – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

512 Karyawan di Kendari Dirumahkan, Ada Perusahaan yang Masih Memberi Gaji

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah virus corona menjadi pukulan telak bagi dunia usaha. Di Kota Kendari, sebanyak 512 karyawan swasta telah dirumahkan. Perusahaan terpaksa merumahkan karyawan lantaran pendapatan menurun drastis. Bagi perusahaan yang kondisi keuangan lebih stabil, mereka tetap memberikan gaji bagi karyawan yang dirumahkan. Hanya saja, gajinya yang diterima tidak full atau kena potongan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Benyamin Salempang mengatakan baru sembilan perusahaan yang melaporkan telah merumahkan karyawan. Perusahaan ini bergerak di bidang perhotelan dan rumah makan. Namun jumlah ini diperkirakan bertambah. Pasalnya, pandemi covid-19 belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

“Untuk sementara ini ada sembilan perusahaan. Jumlah pekerja yang dirumahkan berjumlah 512 orang. Bukan tidak mungkin jumlah ini akan terus bertambah mengingat kondisi saat ini. Makanya, kami akan terus melakukan pendataan,” beber Benyamin Salempang, Kamis (16/4).

Efisiensi kata dia, menjadi alasan perusahaan merumahkan sementara karyawan. Pasalnya, rata-rata pendapatan perusahaan menurun. Di sisi lain, biaya operasional cukup tinggi. Jika kondisi ekonomi sudah lebih stabil, karyawan yang dirumahkan dijanjikan akan dipekerjakan lagi. Namun ada perusahaan yang tetap memberikan gaji meski harus dipotong.

“Selain itu, ada perusahaan yang mensiasati agar tidak merumahkan karyawannya. Hanya saja, karyawannya masuk bergantian dalam satu bulan ada yang hanya 15 hari kerja. Untuk upahnya dibayar setengahnya. Kami berharap perusahaan tak sampai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Seperti apapun kondisinya mekanisme hubungan industrial harus tetap dijaga,” katanya mengingatkan. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy