4 Ribu Warga Kendari Daftar Kartu Prakerja – Kendari Pos
Metro Kendari

4 Ribu Warga Kendari Daftar Kartu Prakerja

Benyamin Salempang


KENDARIPOS.CO.ID — Masa pendaftran program kartu prakerja gelombang II mulai dibuka sejak tanggal 21 April lalu. Namun hingga kini, hasil seleksi pendaftar gelombang belum diumumkan. Pada gelombang I, jumlah perdaftar dari Kota Kendari sekitar 4 ribu orang. Kendati demikian, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Kendari menjamin program ini tetap akan dilaksanakan.

“Saya tidak tahu pasti jumlah pendaftar gelombang I. Sebab mereka mendaftar secara online atau langsung portal prakerja.go.id milik Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Akan tetapi berdasarkan dari data kami (data pencaker) itu jumlahnya berada dikisaran 4 ribuan orang,” ungkap Benyamin Salempang, Kepala Disnakertrans Kota Kendari kemarin.

Jumlah pendaftar kartu prakerja sambungnya, masih akan bertambah menyusul banyaknya karyawan yang dirumahkan beberapa perusahaan akibat Covid-19.

Di Kota Kendari, jumlah pekerja yang dirumahkan mencapai 3.639 orang. Hingga kini, pihaknya belum diberikan kuota program kartu prakerja untuk Kota Kendari. Namun ia berharap kuota yang lebih besar mengingat jumlah pendaftar yang tidak sedikit.

“Pengumuman peserta yang lolos seleksi kartu prakerja belum diumumkan. Kami harap banyak pendaftar dari Kendari yang lolos. Itu dikarenakan bagi merekan yang lolos akan mendapatkan bantuan pemerintah yang masing-masing sebesar Rp 1 juta untuk insentif pelatihan, Rp 2,4 juta berupa insentif seusai pelatihan dan insentif paska survei yang sebesar Rp 150 ribu,” bebernya.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyambut baik adanya program kartu prakerja. Menurutnya, program tersebut setidaknya bisa mengurangi beban masyarakat yang belum memiliki pekerjaan apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Saya sudah instruksikan Disnakertrans Kota Kendari mengimbau masyarakat yang belum memiliki pekerjaan supaya bisa daftar dan memperoleh kartu prakerja. Bukan hanya itu, saya juga sudah perintahkan OPD terkait untuk membuka layanan pendampingan tata cara pendaftaran untuk membantu saudara-saudara kita yang sulit melakukan pendaftaran,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy