32 BUMDes di Koltim Tambah Modal Rp 4,6 Miliar – Kendari Pos
Kolaka Timur

32 BUMDes di Koltim Tambah Modal Rp 4,6 Miliar

Jedri

KENDARIPOS.CO.ID — 32 wilayah di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menambah dana penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Totalnya mencapai Rp 4,6 miliar. Dana tersebut diambil dari dana desa (DD) tahun 2020. Kabid Usaha Ekonomi Desa pada DPMD Koltim, Jedri, menjelaskan, dana penyertaan modal untuk BUMDes adalah hal wajar. Sebab usaha membutuhkan modal yang cukup untuk mengoperasikan kegiatan.

“Setelah Musrenbang desa maka kita kalkulasi dana tambahan penyertaan modal BUMDes pada 32 desa di Kolaka Timur sebesar Rp 4.658.340.200. Kita harapkan dana tersebut bisa difungsikan dengan baik dan tepat sasaran sesuai perencanaan usaha,” kata Jedri, kemarin. Ia mengaku, dari 117 desa yang ada hanya sekitar 32 saja yang menganggarkan penambahan modal BUMDes tahun 2020.

Jedri menjelaskan, jenis usaha yang geluti bervariasi. Mulai dari sewa tenda pelaminan, jual beli gabah, usaha kue, peternakan ayam petelur, dan modal simpan pinjam, serta pembuatan depot air kemasan dan lainnya. Ia menegaskan, DPMD setiap tahun meminta laporan pada Pemdes dan harus ada laporan tutup buku BUMDes.

“Semua kita pantau dan evaluasi. Berapa pendapatan dan lainnya. Setiap saat juga kita turun monitoring ke lapangan. Saya harap BUMDes bisa berjalan lancar dan bermanfaat untuk menghasilkan pendapatan desa, menunjang operasional dan turut terlibat dalam kegiatan sosial,” tandas Jedri. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy