31.033 Warga Miskin di Sultra Bakal Terima BLT – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

31.033 Warga Miskin di Sultra Bakal Terima BLT

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sultra, Armunanto


KENDARIPOS.CO.ID — Wabah pandemi corona virus disease (Covid-19) berdampak terhadap kelompok masyarakat miskin. Pemerintah pusat melalui Kementerian sosial (Kemensos) akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan akan diberikan kepada keluarga miskin selama tiga bulan sebagai upaya meminimalisasi dampak pandemi corona virus disease (Covid-19).

Namun tak semua keluarga miskin berhak mendapat BLT. Pemerintah pusat melakukan pembatasan dengan syarat bahwa penerima BLT belum pernah mendapat bantuan sosial (Bansos) lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Nontunai, ataupun Kartu Pra-Kerja.

Di Sultra sekira 31.033 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan. Jumlah itu merujuk data Kemensos. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sultra, Armunanto mengatakan, BLT dari pemerintah pusat untuk Provinsi Sultra berjumlah 31.033 KPM. Jumlah itu di luar penerima program PKH dan bantuan sosial pangan.

“Saat ini kami sedang melakukan pendataan. Setelah tuntas, kan kami kirim kembali ke Kemensos sebagai bentuk klarifikasi data. Mereka sebagai penerima ini merupakan masyarakat kurang mampu yang terkena dampak Covid-19,”ujar Armunanto kepada Kendari Pos, Minggu (12/4).

Armunanto menambahkan BLT diberikan selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020. “Mereka yang terdata akan diberikan BLT tiga bulan berturut-turut dengan besaran Rp. 600 ribu per bulan untuk satu KPM,”terangnya.

Mekanisme penyaluran bantuan ini secara nontunai. Setiap KPM membuka rekening melalui bank pemerintah. “Di Sultra yang akan menjadi bank pilihan bagi penerima BLT adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri. Tapi kita akan data dan akan langsung dibuatkan secara serentak untuk para penerima,”pungkas Armunanto.

Sebelumnya, Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan Presiden menyetujui usulan untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) selama tiga bulan. “Dengan indeks juga Rp 600.000 per keluarga,” kata Juliari Batubara.

BLT ini akan diberikan kepada seluruh keluarga yang tercatat dalam data terpadu Kemensos.Namun syaratnya, keluarga tersebut belum menerima bansos lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Nontunai, ataupun Kartu Pra-Kerja.

Selain mengandalkan data Kemensos, pemerintah pusat juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. “Nanti kami juga minta data tambahan dari pemda,” ujar Juliari. Juliari menyebutkan, BLT akan mulai disalurkan bulan ini. (rah/b)

4 Comments

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy