1.200 Jiwa Divalidasi, Penerima PKH di Kolaka Bertambah – Kendari Pos
Kolaka

1.200 Jiwa Divalidasi, Penerima PKH di Kolaka Bertambah


KENDARIPOS.CO.ID — Data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka di tahun 2020 ini mencatat, ada 8.711 jiwa yang akan mendapat bantuan program keluarga harapan (PKH). Dipastikan, jumlah tersebut akan bertambah seiring dengan adanya wabah virus corona.

“Tambahan penerima PKH yang diusulkan sebanyak 1.200 jiwa. Tapi itu masih mau divalidasi apakah layak mendapatkan bantuan atau tidak,” ungkap Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Darwis, Selasa (7/4). Ia menjelaskan, besaran bantuan PKH yang diterima setiap penerima, berbeda. Adapun penerima PKH diantaranya adalah ibu hamil, Lansia dan keluarga miskin yang memiliki anak sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

“Besaran bantuan yang diterima penerima PKH itu bervariasi. Untuk pelajar kategori SD itu sebesar Rp 900 ribu per tahun. Sedangkan untuk tingkat SMA sebesar Rp 3 juta per tahun. Dana itu dicairkan empat kali dalam setahun atau setiap tiga bulan,” jelasnya. Darwis menambahkan, selain PKH, jumlah kepala keluarga (KK) di Bumi Mekongga yang menerima bantuan dana Sembako tahun ini juga bertambah karena adanya wabah Covid-19. Jika sebelumnya hanya tercatat sebanyak 12.446 KK, kini akan dilakukan penambahan sekitar 7 ribu KK.

“Bukan cuma jumlah penerimanya saja yang bertambah, tetapi juga besaran bantuannya per KK. Sebelumnya hanya Rp 150 ribu per KK tiap bulan, kini menjadi Rp 200 ribu per KK. Untuk besaran bantuan yang Rp 200 ribu tersebut berlaku selama sembilan bulan setelah itu kembali ke besaran semula Rp 150 ribu. Penambahan besaran bantuan tersebut dilakukan karena mewabahnya virus corona,” bebernya.

Kata Darwis, untuk bantuan Sembako akan diserahkan dalam bentuk uang. Selanjutnya, penerima akan membelanjakannya untuk membeli Sembako seperti beras, telur, ayam, dan sayur. “Belanjanya dilakukan di agen bank yang ada pada setiap desa dan uang itu tidak boleh dibelikan bahan pabrikasi seperti susu,” pungkasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy