Waspada Banjir, BPBD Sultra Minta Daerah Tingkatkan Kesiapsiagaan – Kendari Pos
Metro Kendari

Waspada Banjir, BPBD Sultra Minta Daerah Tingkatkan Kesiapsiagaan

Pengendara melintasi genangan air yang meluap hingga ke badan jalan di kawasan Lepo-lepo Jl. DI. Panjaitan Kendari, beberapa waktu lalu. Intensitas hujan yang tinggi dan penataan drainase yang belum maksimal menyebabkan sejumlah genangan pada beberapa ruas jalan di Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Curah hujan di bulan April-Mei diprediksi meningkat. Menghadapi cuaca esktrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra meminta seluruh daerah siaga bencana. Pasalnya, titik rawan banjir di Sultra cukup banyak. Tidak hanya wilayah daratan, namun juga wilayah kepulauan seperti Buton dan Baubau.

Kepala BPBD Sultra, Boy Ihwansyah mengatakan ancaman banjir di Sultra didominasi wilayah daratan. Diantaranya, Konawe, Konawe Utara (Konut), Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), Konawe Selatan (Konsel), Bombana dan Kolaka Timur (Koltim). Untuk itulah, personil di daerah harus meningkatkan kewaspadaan.

“Untuk penanganan kita saat ini mepersiapkan diri dari segi peningkatan kapasitas SDM. Baru-baru ini, kita adakan perkemahan dan pelatihan tangguh bencana,” ujarnya kemarin.

Berdasarkan prediksi BMKG sambungnya, curah hujan bulan April hingga Mei. Untuk bulan Maret ini, intensitas masih kategori sedang. Namun dampaknya mulai dirasakan. Makanya, daerah harus siap menghadapi puncak musim hujan pada bulan April mendatang. “Kami himbau daerah-daerah yang rawan banjir untuk siaga. Sebab daerah rawan banjir akan cepat terdampak bila hujan melebihi 6 mili liter per detik,” ucapnya.

Selain daratan, wilayah kepulauan tak luput dari ancaman banjir. Dari data, ada beberapa wilayah yang rawan banjir tetapi tidak tinggi. “Buton dan Baubau juga termasuk rawan banjir. Tetapi tidak tinggi,” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy