Wali Kota Kendari : Jangan Panik, Kebutuhan Sembako Aman – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari : Jangan Panik, Kebutuhan Sembako Aman

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kota Kendari tak perlu cemas. Stok kebutuhan sembako masih terbilang aman. Bahkan ketersediaanya terjamin hingga enam bulan ke depan. Untuk itulah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meminta warga tak perlu khawatir dan panik. “Di tengah kondisi saat ini (penyebaran COVID-19), kami sudah rapat bersama Forkompimda yang salah satu agendanya membahas tentang ketersediaan bahan pangan. Setelah kita hari ini (kemarin), stok sembako aman hingga enam bulan ke depan,” ungkapnya saat mengecek kebutuhan sembako di Gudang Bulog Sultra, kemarin.

Stok kebutuhan pokok yang dianggap aman diantaranya, beras, tepung terigu, gula, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih. “Kebutuhan mendasar masyarakat kita adalah beras. Ini yang jadi prioritas melihat beberapa waktu lalu ada sedikit kenaikan. Tapi saat ini saya pastikan aman. Kita punya 900 ton persediaan,” kata Sulkarnain. Politisi PKS itu mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak untuk kemudian disimpan (ditimbun) sebagai persediaan. Begitupun pedagang, Sulkarnain meminta mereka untuk tidak memainkan harga. “Di kondisi saat ini, saya harap masyarakat maupun pedagang bersikap dewasa. Tidak melakukan hal-hal yang melanggar. Karena jika terbukti tentunya akan berhubungan dengan penegak hukum,” pintanya.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (ke empat dari kanan) bersama jajaran Forkompinda saat meninjau Gudang Bulog Sultra.

Menanggapi fenomena naiknya harga, Sulkarnain berjanji akan menggelar operasi pasar jika kenaikan harga kedua komoditi tersebut berlarut. “Stok kita mencukupi. Kalau sudah mahal dan langka kita pasti gelar operasi pasar yang tentunya berkordinasi dengan Bulog Sultra,” ujarnya. Kepala Bulog Divre Sultra, Ermin Tora mengatakan masyarakat tidak perlu cemas perihal naiknya harga beberapa kebutuhan pokok (gula dan beras) dipasaran. Itu dikarenakan pihaknya saat ini memiliki stok sembako yang mencukupi. “Beras ada 900 ton, jika kurang kita masih punya cadangan 1,5 juta ton di pusat. Itupun pada Mei nanti kita akan panen raya lagi. Jadi pasti melimpah. Kemudian terigu ada 24 ton, gula 20 ton, minyak goreng 40 ribu liter. Masih cukup ini persediaan kita,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya menunggu instruksi pemerintah. Jika dibutuhkan untuk menggelar operasi pasar, maka pihaknya akan langsjng melaksanakannya. “Kami siap kapan saja. Dengan persediaan yang ada saat ini, kami jamin kebutuhan sembako masyarakat akan terpenuhi. Jika perlu, masyarakat juga bisandatang langsung dikantor bulog untuk melakukan pembelian,” kata Ermin. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy