UNBK Sepenuhnya Kewenangan Sekolah – Kendari Pos
Edukasi

UNBK Sepenuhnya Kewenangan Sekolah

ILustrasi UNBK

KENDARIPOS.CO.ID — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SD dan SMP tinggal sebulan lagi. Di Kabupaten Wakatobi tahapan demi tahapan menuju ujian nasional tersebut telah berlangsung dan dipastikan sejumlah SD dan SMP siap ujian berbasis komputer.

Berbeda dengan sebelumnya, menurut Sekretaris Dikbud Wakatobi, La Ode Mastu tahun ini pelaksanaan UNBK diserahkan sepenuhnya ke masing-masing sekolah sebagai otonomi penyelenggara UNBK. Sementara itu, secara tekhnis, Bidang Dikdas yang menanganinya.

La Ode Mastu menyebut saat ini dirinya belum bisa menyebut rincian sekolah tingkat SD dan SMP yang ikut UNBK tahun ini. Namun, ia juga belum bisa memastikan seluruh sekolah bisa helat UNBK tahun 2020 atau sekolah mana saja yang memenuhi syarat.

“Sudah dilaksanakan penanggung jawab di satuan pendidikan bidang Dikdas. Memang sepenuhnya Dikbud yang bertanggung jawab, namun untuk kita ke bagian pengawasannya,” bebernya.

La Ode Mastu menambahkan, khusus di pulau Wangi-Wangi sudah ada sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang siap mengikuti UNBK tahun ini. Sayangnya ia belum memperoleh rinciannya secara pasti. “Nanti kalau saya sebut salah-salah. Tapi sudah ada sejumlah sekolah siap UNBK tahun ini,” tambahnya.

Dikbud Wakatobi sebagai pengawasan baik penyusunan soal hingga pelaksanaannya nanti. Namun bukan berarti tidak bertanggung jawab mengingat hal ini merupakan wilayah kerja sebagaimana tupoksi wilayah kerja kabupaten kota. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy