Ujian Tertulis Calon Petugas PPS : di Konkep 875 Peserta, Muna 1.307 – Kendari Pos
Politik

Ujian Tertulis Calon Petugas PPS : di Konkep 875 Peserta, Muna 1.307

Iskandar

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi tes tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Pilkada Konawe Kepulauan (Konkep) dan Muna berlangsung, kemarin (4/3). Ujian di Konkep diikuti 875 peserta, sedangkan di Muna mencapai 1.307 peserta. Mereka menjalani ujian selama 70 menit, dengan jumlah soal sebanyak 50 butir.

Ketua KPU Konkep Iskandar mengatakan tujuh lokasi tes tulis calon petugas PPS. Masing-masing SDN 1 Langara, SDN 2 Langara, SDN 3 Langara, SDN 4 Langara, SDN 5 Langara, SDN 7 Langara, serta di SMPN 1 Wawonii Barat.

“Ada 50 butir soal yang harus diselesaikan oleh peserta dengan durasi waktu 70 menit. Alhamdulillah saat tes tertulis berlangsung dengan lancar,” katanya. Kata dia, hasil tes tertulis sangat berpengaruh untuk melaju ke tahap selanjutnya; tes wawancara. “Kalau mereka lulus tes tertulis, pasti lanjut ke tes wawancara,”pungkas Alumni PKN FKIP Universitas Halu Oleo itu.

Ia berharap mereka yang terpilih sebagai anggota PPS punya integritas yang tinggi, bekerja secara profesional. Sehingga menciptakan Pilkada Konkep yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan akan merekrut 450 anggota PPS untuk ditempatkan di 124 desa dan 26 kelurahan di Muna. Setiap desa akan diisi tiga orang PPS. Tes tertulis yang digelar di SOR La Ode Pandu, Raha merupakan seleksi tahap pertama. “Tes tertulis diikuti 1.307 dari sebelumnya yang mendaftar 1.313. Enam orang sudah lebih dulu gugur pemeriksaan berkas,” jelasnya.

Katanya, hasil tes tertulis akan diperiksa selama tiga hari. Peserta yang dinyatakan lulus ke tahap berikutnya diambil dari enam orang dengan nilai tertinggi untuk setiap desa dan kelurahan. Jumlah itu merupakan dua kali kebutuhan pada masing-masing wilayah kerja PPS. “Enam orang akan jaring lagi melalui tahap wawancara untuk dikerucutkan menjadi tiga orang. Sedangkan tiga orang lainnya, untuk persiapan pergantian antar waktu,” paparnya.

Lebih jauh, Kubais menerangkan seleksi PPS digelar untuk menjaring penyelenggara yang kompeten dan berkualitas. Kompetensi itu diukur dari penguasaan tugas pokok penyelenggara khususnya PPS dan KPPS, pengetahuan produk hukum kepemilikan dan penguasaan wilayah kerja. Sedangkan kualitas penyelenggara dilihat dari integritasnya yang dapat diketahui melalui rekam jejaknya. “Peserta yang lulus harus memenuhi kualifikasi utama yakni berkompeten dan integritas,” terangnya. (ode/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy