Ujian Nasional Ditiadakan, Nilai Ujian Sekolah Penentu Kelulusan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Ujian Nasional Ditiadakan, Nilai Ujian Sekolah Penentu Kelulusan


KENDARIPOS.CO.ID — Presiden RI, Joko Widodo menyetujui peniadaan ujian nasional (UN) tahun 2020. Kebijakan itu ditempuh setelah DPR RI dan Kemendikbud menggelar rapat akibat pandemi global korona atau Virus Corona Disease 2019 (Covid-19).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mendukung penuh kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang meniadakan Ujian Nasional (UN) tahun ini. “Saya sangat mendukung kebijakan Presiden demi melindungi generasi bangsa dari ancaman virus korona,” ujarnya, Rabu (25/3) kemarin.

Dalam kondisi darurat seperti ini, lanjut Sulkarnain, penentuan kelulusan siswa tidak harus melalui UN semata, namun dapat pula melalui pendidikan karakter. “Untuk peningkatan SDM, bukan hanya nilai akademis. Di negara maju, nilai akademis tak menjadi ukuran keberhasilan para siswa di sekolah. Akan tetapi, siswa diberikan pendidikan karakter, agar lebih memiliki jiwa kepemimpinan atau jiwa enterpreneur tinggi. Apalagi di tengah kondisi yang menimpa bangsa ini. Saya rasa kebijakan presiden ini sangat tepat,” ungkap Sulkarnain.

Kepala Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita mengaku tengah siap menindak lanjuti keputusan presiden dengan menyiapkan instruksi pada seluruh sekolah SD dan SMP di Kendari. “Mekanismenya masih kita pelajari. Nanti kondisi sudah memungkinkan baru kita terapkan. Yang jelas, kelulusan siswa akan ditentukan melalui ujian di sekolah, apakah itu ujian awal, tengah maupun akhir semester,” kata Sartini.

Perihal penggunaan nilai rapor sebagai penentu kelulusan, Sartini mengatakan nilai rapor sudah sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru. Dengan kata lain sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah. “Saya kira justru nilai rapor itu yang bagus sekali. Karena itu juga

hasil penilaian guru yang profesional selama berlangsungnya proses belajar mengajar. Nanti dilihat portopolio peserta didik mulai dari kelas I sampai kelas VI untuk SD dan kelas VII sampai kelas IX untuk SMP. Oleh karena itu, siswa harus serius melaksanakan belajar mandiri di rumah,” jelasnya.

UN tingkat SMK di Sultra telah dilaksanakan pada 16-19 Maret lalu, nilainya tidak menjadi syarat kelulusan setelah adanya namun karena kebijakan pembatalan UN. “Yang telah melaksanakan UN seperti SMK, tidak masalah. Tapi nilai UN itu tidak akan menjadi penentu kelulusan. Untuk tingkat SMA karena baru akan dilaksanakan pada akhir Maret ini, secara otomatis batal. Dimana keikutsertaan dalam UN tidak menjadi syarat kelulusan sekolah atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi,”ujar Asrun Lio, Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra kepada Kendari Pos, Rabu (25/3).

Asrun Lio merinci total peserta UN di Sultra untuk tingkat SMA sebanyak 33.287 orang tersebar di 407 sekolah. Sedangkan peserta UN SMK sekira 9.684, tersebar di 153 sekolah se-Sultra. Asrun mengaku telah meneruskan surat edaran Mendikbud tersebut ke sekolah-sekolah.

Menurut Asrun, dalam putusan itu, ujian sekolah (US) menjadi penentu. Namun bagi sekolah yang belum US, tidak perlu melaksanakan ujian lagi. Sebab, dalam edaran itu terdapat larangan mengumpulkan siswa dalam satu ruangan untuk ujian tertulis. Kebetulan SMA dan SMK di Sultra sudah US. “Karena sudah US maka tetap mengambil nilai dari ujian itu. Bagi sekolah yang belum US, hanya mengambil nilai ujian semester 1 sampai semester 5 untuk dijadikan patokan penginputan nilai siswa itu,”ungkapnya.

Asrun Lio menambahkan saat ini sedang dioptimalkan proses belajar di rumah berbasis dalam jaringan (daring/online) untuk memberi pengalaman belajar yang bermakna tanpa terbebani tuntutan untuk kenaikan kelas dan kelulusan. Ini dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemik Korona.

“Dengan kebijakan ini, diharapkan siswa lebih kreatif belajar di rumah. Stay belajar daring. Jangan malah dijadikan ajang untuk liburan. Mari bersama-sama memutus rantai penyebaran korona. Jadi belajar dirumah itu fokus pada life skill misalnya hidup sehat mengatasi korona,”pungkasnya. (ags/rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy