UHO Tiadakan Wisuda Periode April, Alumni Tetap Terima Ijazah – Kendari Pos
Edukasi

UHO Tiadakan Wisuda Periode April, Alumni Tetap Terima Ijazah

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., saat memindahkan tali toga pada salah satu wisudawan UHO, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Virus Corona (COVID-19) kembali berdampak pada jadwal wisuda di Univeristas Halu Oleo (UHO) yang reyogyanya dihelat pada 20-21 April 2020. Seremoni akhir studi tersebut, kemungkinan besar bakal ditiadakan. Meski ditiadakan, kampus terbesar di Sultra tersebut tetap akan memberikan ijazah bagi seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan tahapan untuk wisuda periode tersebut.

“Kemungkinan pelaksanaan wisuda UHO priode April ini akan di tunda sampai kondisi yang memungkinkan. Namun pihak UHO tetap akan menyediakan ijazah untuk para alumninya jangan sampai ada yang membutuhkannya guna mencari pekerjaan”. ungkap Wakil Rektor I La Hamimu saat dihubungi oleh Kendari Pos, Kamis (27/3).

Diakuinya, sampai saat ini belum ada keputusan dari universitas. Tetapi dengan melihat kondisi saat ini, kemungkinan besar agenda wisuda akan ditiadakan, tapi UHO tetap akan menyiapkan ijazah. “Wisuda itukan hanya seremonial saja. Apabila sudah diyudisium maka seluruh mahasiswa sebenarnya sudah bisa menyandang gelar di belakang namanya,” ungkapnya.

Langka ini ditempuh UHO menyikapi penyebaran Covid-19 yang saat ini turut menggerogoti Sultra. Berdasarkan kebijakan pemerintah, seluruh kegiatan yang melibatkan banyak orang tidak boleh digelar untuk sementara waktu. “Meskipun tidak ada prosesi wisuda, tapi kami tetap akan menyediakan ijazah mahasiswa jadi diimbau tidak perlu khawatir,” tuturnya.

Meskipun wisuda periode ini ditiadakan, namun seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh mekanisme atau aturan akhir pendidikan tingginya tetap bisa mendapatkan ijazah, melalui pengiriman data secara online atau titip simpan dokumen. “Mereka tetap bisa mendapatkan ijazah. Apalagi kan, saat mereka mencari kerja persyaratan utama itu yakni ijazah,” ungkapnya.

Selain wisuda, pandemi COVID -19 ini juga berdampak pada beberapa kegitan sivitas akademika UHO yang melibatkan banyak orang. Mulai dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Kerja Lapangan (PKL) maupun seminar internasional juga turut ditunda. “Sesuai dengan kebijakan dari pak rektor segala sesuatu yang melibatkan banyak orang harus ditunda untuk sementara waktu. Bahkan seluruh aktivitas di kampus juga tidak ada sampai 6 April mendatang. Saya kira hal seperti ini juga dilakukan oleh semua perguruan tinggi bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia,” tandasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy