UHO Jadi Tuan Rumah Temu Ilmiah Mahasiswa Tambang se Indonesia – Kendari Pos
Edukasi

UHO Jadi Tuan Rumah Temu Ilmiah Mahasiswa Tambang se Indonesia

Suasana temu ilmiah mahasiswa tambang se Indonesia yang dilaksanakan Universitas Halu Oleo di Hotel Kubra Kendari, Rabu (4/3).

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Halu Oleo (UHO) kembali dipercaya menyelenggarakan event nasional. Kali ini, kampus pimpinan Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu , M.Si., MSc., didaulat sebagai tuan rumah Temu Ilmiah Mahasiswa Tambang se Indonesia ke XIII dengan mengusung tema “Refleksi 10 Tahun Reformasi Tata Kelola Industri Pertambangan”.

Agenda tersebut ditetapkan melalui kegiatan Permata Indonesia, dengan menghadirkan sebanyak 18 Delegasi perwakilan mahasiswa pertambangan di seluruh Indonesia yang akan berlangsung sejak 3-6 Maret 2020 di Hotel Kubra Kendari, Rabu (4/3).

Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, menuturkan bahwa didaulatnya UHO sebagai tuan rumah Temu Ilmiah Mahasiswa Tambang se Indonesia yang ke XIII, merupakan suatu kebanggaan bagi universitas. Untuk itu pihaknya berharap, melalui temu ilmiah ini akan lahir Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas yang baik, guna mengelola pertambangan secara optimal. “Saat ini, peluang yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan Pertambangan di Sultra sangat besar. Pasalnya, terdapat banyak perusahaan tambang yang berdiri di Sultra yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa pertambangan,” tuturnya.

Untuk itu, seluruh mahasiswa Pertambangan, khususnya UHO perlu mahasiswa perlu ikut terlibat dalam pengelolaan tambang melalui kajian-kajian akademis yang diusulkan melalui kampus maupun pemerintah selaku pengambil kebijakan. “Jadi mahasiswa saat ini harus mempersiapkan bekal sebelum magang nanti, mudah-mudahan dengan pertemuan temu ilmiah ini mahasiswa bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Apalagi di sini hadir beberapa industri perusahaan, seperti PT Aneka Tambang Pomalaa dan PT Gunung Samudera Internasional yang akan sharing ilmu kepada seluruh peserta yang hadir,” tuturnya.

Salah satu narasumber dari PT GSI, Muh Fahrullah mengharapkan, dengan adanya seminar ini bagaimana dapat melaksanakan kaidah pertambangan yang baik dan benar, baik terkait aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja, keselamatan operasional pertambangan, pengelolaan pemantauan lingkungan, serta pemanfaatan teknologi yang hubungannya dengan reklamasi pascatambang. “Kalau sudah tercapai kaidah pertambangan yang baik, tentu pengelolaannya juga akan benar semuanya,” ucapnya.

Kata dia, untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas bidang pertambangan, mahasiswa perlu mempermantap dengan praktek tidak hanya teori, mempunyai sertifikasi pertambangan, menguasai bahasa, attitude (sikap), serta tidak kalah penting organisasi pertambangan. “Jadi dosen itu tidak bisa membatasi mahasiswa melakukan berbagai kegiatan, itu saya sangat rasakan sendiri manfaatnya karena berbicara dengan mental,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muhammad Musafir menuturkan, pihaknya sengaja mengangkat topik atau isu yang terbilang masih hangat diperbincangkan dan masih buming di masyarakat untuk bahas sekarang. Kata dia, seminar ini lebih banyak mengenalkan hasil-hasil pertambangan yang ada di Sultra khususnya nikel, kepada peserta seminar yang tergabung di 18 delegasi berbagai universitas yang ada di Indonesia. “Jadi ketika sudah paham dengan SDA yang dimiliki Sultra di bidang pertambangan, diharapkan mereka menceritakan di daerahnya masing-masing sehingga mendatangkan investor,” pungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy