Turut Mencerdaskan Anak Bangsa, Gubernur Support Semua Kegiatan PKK – Kendari Pos
Nasional

Turut Mencerdaskan Anak Bangsa, Gubernur Support Semua Kegiatan PKK

KENDARIPOS.CO.ID — Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) identik dengan kaum perempuan. Peran perempuan terhadap kesejahteraan keluarga sangat sentral dalam konteks bermasyarakat, berbangsa, bernegara. Dua elemen itu diyakini menjadi pelopor terwujudnya keluarga sejahtera.

Insan PKK se-Sultra sedang berbahagia. Rabu (11/3) kemarin, para pengurus PKK kabupaten dan kota se-Sultra berkumpul di Kota Kendari. Mereka merayakan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang dibuka Gubernur Sultra, Ali Mazi dan dihadiri Ketua TP PKK Sultra, Agista Ariany.

Agista Ariany berharap HKG ini hendaknya tidak menjadi seremonial semata, melainkan dapat melahirkan nilai manfaat untuk keluarga-keluarga di Sultra. Melalui peringatan HKG PKK, Agista ingin Gerakan PKK kembali pada rohnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya, PKK harus memberdayakan keluarga yang merupakan unit terkecil tatanan masyarakat. “Apabila keluarga-keluarga ini bisa kita berdayakan sesuai potensi dan kebutuhannya berarti PKK juga telah memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Agista.

Ketua TP PKK Sultra Agista Ariany memotong tumpeng untuk diserahkan ke Gubernur Sultra Ali Mazi saat Hari Kesatuan gerak PKK ke-48 tingkat Sultra di Rujab Gubernur Sultra, kemarin (11/3)

Ketua KONI Sultra itu ingin HKG PKK juga menjadi momentum berharga bagi jajaran insan PKK di Provinsi Sultra untuk memotivasi diri dan memperkuat komitmen. Upaya ini dalam meningkatkan peran dan fungsi strategisnya sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak pada masing-masing jenjang. Tujuannya agar program PKK dalam konstruksi membangun masyarakat menuju terwujudnya keluarga sehat, sejahtera, maju, dan mandiri.

“Momentum HKG PKK menjadi titik tolak memacu semangat pembaharuan dalam upaya meningkatkan kreativitas kita dalam membawa semangat dan energi baru. Semangat yang menggelora harus kita miliki demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas mendidik anak agar cerdas dan berdaya saing,”ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan pemerintah dan PKK merupakan bagian integral. Harus saling mendukung dan menopang satu sama lain. Sudah menjadi kewajiban pemerintah kabupaten dan kota mendukung kegiatan PKK di daerah-daerah demi peningkatan kesejahteraan keluarga.

Dukungan itu sangat penting sebab selama ini, TP PKK kabupaten dan kota kadang enggan berpartisipasi dalam kegiatan TP PKK provinsi. Padahal, PKK dengan 10 program pokoknya sudah sangat teruji di tengah masyarakat. “Saya instruksikan kepada bupati dan wali kota di Sultra, termasuk Pemprov untuk mendukung kegiatan PKK. PKK punya tugas besar dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. Bupati dan wali kota harus mendukung dari aspek anggaran,”tegas Ali Mazi.

Ali Mazi memuji produk kerajinan dan industri rumha tangga binaan PKK yang bermuara pada kesejahteraan keluarga. Bahkan telah di promosikan di level lokal, dan nasional. “Saya kira pasarnya bisa hingga keluar negeri.Tetapi ini masih perlu di pilah-pilah lagi. Seleksi mana yang dipasarkan dalam negeri dan untuk ekspor,”terangnya.

Ali Mazi berharap, PKK dengan usia ke-48 tahun ini dapat semakin kompak, dan semakin jaya. “Teruslah meningkatkan kinerja demi upaya mensejahterakan keluarga-keluarga di Sultra. Bahkan ke depan pemanfaatan potensi SDA melalui TP PKK bisa menyumbang PAD juga untuk Sultra,”pungkasnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy