Tuntaskan Gedung Podium, Pemkot Kendari Anggarkan Rp 60 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Tuntaskan Gedung Podium, Pemkot Kendari Anggarkan Rp 60 Miliar

Pembangunan kantor Wali Kota Kendari telah memasuki tahun kedua. Tahun ini, Pemkot Kendari telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 60 miliar untuk menuntaskan pengerjaan fisik gedung podium serta interiornya.

KENDARIPOS.COL.ID — Wajah gedung baru Wali Kota Kendari bisa dilihat akhir tahun ini. Pemkot Kendari akan menuntaskan pembangunan gedung podium tahun 2020 ini. Untuk merampungkan gedung setinggi lima lantai ini, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 60 miliar. Tahun 2021, pemerintah akan fokus rampungkan pembangunan tower setinggi sembilan lantai.

“Sudah ditaksir oleh ahli bangunan. Tahun ini sudah dianggarkan Rp 60 miliar dan disetujui oleh dewan,” kata H. Sulkarnain Kadir, Walikota Kendari kemarin.

Untuk bangunan towernya yang didesain 9 lantai lanjut dia, akan dikerjakan setelah bangunan podium tuntas pengerjaannya sembari menunggu hasil audit dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) perihal hasil pengerjaan tahun sebelumnya (2019, Red). “Alhamdulillah audit masih berjalan. Saya yakin semua bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Alasan didahulukannya pembangunan gedung podium, kata Sulkarnain, dikarenakan bangunan tersebut merupakan bangunan utama yang meliputi ruang kerja Walikota, Wakil Walikota, Sekretariat Daerah, Ballroom, Mushola, Command Center dan yang paling penting adalah adanya Mal Pelayanan Umum.

“Itulah mengapa kami utamakan bangunan podium segera dituntaskan. Kami ingin nantinya masyarakat Kendari bisa terlayani dengan baik di gedung podium ini. Utamanya pada Mal Pelayanan Umum. Disitu nantinya akan diisi beberapa instansi pelayanan dan perizinan. Kami juga sudah koordinasi dengan BPN Kota Kendari dan Kantor Imigrasi Kendari yang menyatakan kesiapannya untuk menempati tempat tersebut,” ungkapnya.

Ditanya soal sistem penganggaran pembangunannya, Sulkarnain mengaku menggunakan penggaraan dengan sistem multiyears. Maksudnya anggaran dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk menghemat anggaran dan mempermudah pengawasan. “Dengan sistem ini, kecil kemungkinan ada potensi pelanggaran. Itu dikarenakan pengawasannya satu kali dilaksanakan hingga pembangunannya rampung. Sistem ini masukan dari dewan dan pemkot. Intinya mari kita kawal bersama pembangunannya,” kata Sulkarnain.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kendari Pos dari Dinas PUPR Kota Kendari, total anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan gedung baru Kantor Walikota Kendari adalah sebesar Rp 250 miliar. Tahun lalu (2019, Red) pembangunan sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp 57 miliar yang meliputi pembangunan gedung podium. Sedangkan tahun ini, pemkot sudah menganggarkan Rp 60 miliar untuk perampungan bangunan (interior) gedung podium.

Untuk anggaran pembangunan tower sembilan lantai sambungnya, sekitar Rp 133 miliar. Tower Kantor Walikota Kendari sendiri nantinya akan digunakan sebagai ruang pelayanan publik, ruang kerja OPD yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana modern serta service area. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy