Tunjangan Rendah Penyebab Formasi Dokter di Kolaka Lowong – Kendari Pos
Kolaka

Tunjangan Rendah Penyebab Formasi Dokter di Kolaka Lowong

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengumuman CPNS Pemkab Kolaka telah dikeluarkan sejak Minggu (22/3) lalu. Dalam pengumuman tersebut diketahui ada tujuh formasi dokter yang lowong. Salah satu penyebab kosongnya formasi dokter karena tidak ada peserta yang mendaftar. Menanggapi kondisi itu, Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Syaifullah Halik, mengungkapkan, salah satu penyebab minimnya pendaftar formasi dokter di Pemkab Kolaka karena tunjangan dokter PNS di Bumi Mekongga masih rendah dibanding daerah lain.

“Tunjangan dokter di Kolaka itu lebih rendah dari Kabupaten Konawe dan Kolaka Utara. Makanya peserta yang melamar formasi dokter lebih memilih daerah lain daripada Kolaka,” pendapatnya, kemarin. Menurut Legislator Gerindra tersebut, agar formasi dokter pada penerimaan CPNS berikutnya banyak yang mendaftar, maka Pemkab Kolaka seharusnya memperhatikan besaran tunjangan dokter. “Kalau kondisi keuangan kita memungkinkan, maka tunjangan dokter perlu dinaikkan. Ini harus menjadi perhatian dalam rangka menyukseskan salah satu program prioritas Pemkab Kolaka yaitu peningkatan layanan kesehatan. Apalagi saat ini banyak dokter di Kolaka yang pindah tugas ke daerah lain,” ujarnya. Syaifullah menambahkan, penyebab lain tidak adanya peserta CPNS yang melamar formasi dokter ahli di Kolaka karena persyaratannya yang terlalu berat. “Kalau dokter ahli sebaiknya diberi persyaratan khusus yaitu batas usia maksimalnya 40 tahun, bukan 35 tahun. Karena untuk menjadi dokter ahli itu tidak cepat,” tuturnya.

Anggota DPRD Kolaka lainnya, dr. Hakim Nurmampa menilai, penyebab sepinya peminat dokter di Bumi Mekongga saat CPNS karena tidak maksimalnya sarana dan prasarana yang disediakan, seperti kendaraan dan rumah. “Khusus untuk dokter umum yang akan ditempatkan di kecamatan, kendala utamanya kadang tidak ada perumahan dokter. Atau ada perumahan, tapi ditempati oleh orang lain,” ujar legislator PAN itu. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy