Trah Imran Di Panggung Politik Kendari – Kendari Pos
Politik

Trah Imran Di Panggung Politik Kendari

dr. Siska Karina Imran

KENDARIPOS.CO.ID — Wahyu Ade Pratama bukan satu-satunya trah Imran (mantan Bupati Konawe Selatan) yang tampil di panggung politik. Wahyu pernah menjadi calon Bupati Kolaka Timur (Koltim) tahun 2015. Rupanya, darah politisi Imran juga mengalir kepada putrinya, dr.Siska Karina Imran.

Istri mantan Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra itu, memenangkan pertarungan politik dan terpilih menjadi Wakil Wali Kota Kendari di gedung DPRD Kendari, 5 Maret 2020. Terpilihnya dr.Siska meneguhkan dirinya sebagai Wakil Wali Kota perempuan pertama di Kendari. Sekaligus dia telah meruntuhkan hegemoni pria dikancah politik di Kota Kendari.

Menurut para pakar di Sultra, dr.Siska terpilih karena punya mesin politik solid dan militan. Itu tak salah. Ayahnya adalah politisi dan Ketua DPW Gerindra Sultra. Suami dr.Siska, ADP adalah sekretaris DPW PAN Sultra. Ayah mertua dr.Siska, Dr.Asrun adalah politik PAN dan mantan Ketua DPC PAN Kota Kendari. Ketiga pria itu tentu punya pendukung fanatik dan loyalis di partai masing-masing.Usai menggelar pemilihan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari bergegas menetapkan dr.Siska sebagai Wawali Kota Kendari terpilih. DPRD pun telah menyerahkan berita acara penetapan usulan pengesahan dan pengangkatan Wakil Wali Kota Kendari, dr.Siska Karina Imran kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah.

“Nama dr.Siska sudah kami serahkan hari ini (kemarin, red). Kami serahkan kepada Biro Pemerintahan Sekretariat Pempro Sultra untuk disampaikan ke Gubernur Sultra dan diteruskan di Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan pengesahan,” ujar Subhan, Ketua DPRD Kota Kendari saat dihubungi Kendari Pos, Jumat (6/3) kemarin.

Menurut Subhan, upaya mengusulkan nama Siska sudah tertuang dalam pasal 159 ayat 1 Peraturan DPRD Kota Kendari Nomor 1 tahun 2018 yang menyatakan wakil wali kota terpilih diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada menteri melalui gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan dan pengangkatan. Pasal 2 berbunyi usulan pengesahan dan pengangkatan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 disampaikan paling lambat 3 hari setelah keputusan DPRD tentang pengangkatan calon wali kota dan wakil wali kota atau calon wakil wali kota terpilih ditetapkan.

“Maka berdasarkan ketentuan di atas, DPRD Kendari mengusulkan dr.Hj Siska Karina Imran sebagaimana tertuang dalam keputusan DPRD Kota Kendari No 7 DPRD/2020 tentang penetapan Wakil Wali Kota terpilih sisa masa jabatan 2017-2022,” terangnya.

“Insya Allah pelantikan akan secepatnya dilaksanakan. Intinya dalam waktu dekat Wali Kota Kendari sudah ada pendampingnya,” kata Subhan menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan Setda Pemprov Sultra, Ali Akbar mengatakan meski dr.Siska sudah terpilih namun tidak serta merta langsung dilantik. “Kita terima dulu usulannya lalu diajukan kepada gubernur. Setelah itu dikirim ke Mendagri.
Kalaupun Mendagri sudah teken SK-nya, kita masih perlu konsultasi lagi bersama gubernur terkait kapan waktu pelantikannya. Jadi masih akan melalui beberapa tahapan,” ujarnya.

Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Dr.Muh.Najib Husain mengungkapkan, kemenangan dr.Siska Karina Imran sesungguhnya kemenangan bagi seluruh masyarakat Kota Kendari. Setelah pemilihan ini, Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Sulkarnain dan Siska) tinggal merajut harmoninasi dalam menyatukan langkah dalam membangun Kota Kendari. “Kita berharap agar harmonisasi seperti ADP-Sul bisa terwujud dalam kepemimpinan Sulkarnain-Siska. Tinggal bagaimana bijaknya Wali Kota dalam membagi tugas dan tanggung jawab sehingga semua berjalan lancar,” jelas akademisi Fisip UHO itu. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy